Tips Senam Rematik Mudah untuk Atasi Nyeri Sendi

Penderita rematik seringkali menghindari olahraga karena takut pada rasa nyeri sendi yang semakin memburuk. Padahal, olahraga dan senam rematik merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat rematik. Aktivitas ini bisa membantu untuk memperkuat otot serta meningkatkan fleksibilitas yang mendukung fungsi sendi.

senam rematik

Meski awalnya terasa menyeramkan, olahraga secara teratur dan rutin bisa membantu Anda untuk mengatasi gejala rematik yang dialami. Menurut penelitian, penderita rematik yang rutin melakukan senam dan olahraga lebih sedikit merasakan nyeri pada sendi.

Tips senam dan olahraga bagi penderita rematik

Olahraga dan senam terbukti mampu mengatasi gejala nyeri pada sendi. Oleh sebab itu, lakukanlah olahraga secara teratur demi meningkatkan kondisi kesehatan sendi Anda. Simaklah tips senam rematik mudah berikut ini.

  • Yoga

Salah satu model senam rematik yang bisa Anda coba adalah yoga. Dalam yoga, Anda akan dipandu untuk melakukan berbagai gerakan yang mendukung fleksibilitas dan rentang gerak, serta mengurangi stres.

Olahraga yoga membimbing Anda pada postur yang menggabungkan pernapasan dengan relaksasi. Kedua hal ini akan membantu untuk meringangkan gejala rematik, seperti nyeri pada sendi.

  • Pilates

Selain pilates, upaya lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala rematik adalah pilates. Pilates merupakan jenis olahraga dengan tingkat aktivitas berdampak rendah untuk menstabilkan sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Otot yang kuat akan mendukung sendi saat sedang digunakan sehingga rasa nyeri yang ditimbulkannya pun berkurang.

Orang-orang yang baru pertama kali melakukan olahraga pilates biasanya memulai prosedur latihan dengan menggunakan tikar. Pada proses ini, Anda akan dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan yang bisa memperbaiki postur sekaligus meredaka nyeri sendi.

  • Peregangan

Senam peregangan merupakan salah satu upaya senam rematik untuk mengatasi nyeri pada sendi. Pada peregangan, seluruh otot tubuh dilibatkan untuk berlatih, mulai dari otot lengan, punggung, betis, sampai otot paha.

Peregangan yang dilakukan dengan tepat bisa meningkatkan fleksibilitas serta mengurangi kaku pada otot dan sendi. Aktivitas ini dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, khususnya pada pagi hari. Bagi setiap penderita rematik, peregangan bisa disesuaikan pada area-area yang terdampak.

  • Olahraga air

Olahraga air tidak termasuk ke dalam jenis senam rematik, tetapi terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi kondisi rematik. Secara umum, air membantu Anda untuk mengontrol berat badan, sehingga melakukan olahraga di air tidak akan memberikan tekanan lebih pada sendi dan otot Anda.

Ada berbagai jenis olahraga air yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, penderita rematik umumnya melakukan olahraga air berupa renang dan aerobik air. Kedua aktivitas ini dapat mendukung fleksibilitas dan rentang gerak, mengurangi kekakuan pada sendi.

  • Tai Chi

Hampir serupa seperti yoga, tai chi menggabungkan aktivitas pernapasan, postur tubuh, dan meditasi. Aktivitas-aktivitas ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, serta memperluas rentang gerak untuk mengurangi stres.

Tai chi berfokus pada mental dan seni bela diri. Apabila dilakukan secara rutin, tai chi bisa membantu mengurangi nyeri dan rasa kaku pada otot serta sendi. Untuk bisa memulai tai chi, Anda bisa membeli video panduan tanpa harus tergabung dalam kelas khusus. Itulah beberapa rekomendasi aktivitas olahraga dan senam rematik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada sendi. Pilihlah jenis aktivitas yang paling sesuai dengan kemampuan serta kondisi tubuh Anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terjamin, Anda bsia mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*