Tanda-Tanda Mata Lelah yang Lazim Terjadi

tanda mata lelah yang harus diperhatikan

Tanpa disadari seseorang pernah mengalami kondisi dimana mata tiba-tiba terasa begitu lelah, penggunaan mata yang terlalu sering dan intens bisa menjadi penyebab munculnya kondisi ini. Meski demikian, terdapat beberapa tanda-tanda mata lelah baik itu pada umumnya, hingga tanda yang tidak wajar atau tidak lazim terjadi.

Beberapa kegiatan seperti mengendarai mobil dan motor, menatap layar komputer terlalu lama, membaca di ruangan yang redup cahaya bisa menjadi beberapa penyebab seseorang mengalami lelah pada mata. Salah satu antisipasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi mata yang lelah ini adalah dengan beristirahat dan membatasi kegiatan menatap layar elektronik terlalu lama.

Tanda Mata Lelah

  • Kering Tidak Mendapat Air Mata Cukup

Mata kering atau bahkan hampir tidak mengeluarkan air mata sama sekali bisa mengganggu aktivitas karena mampu menimbulkan rasa perih dan membuat penglihatan menjadi kabur. Munculnya gangguan ini dikarenakan adanya perubahan hormon, proses penuaan, penggunaan obat-obatan hingga penggunaan kosmetik.

Sebagai cara mengatasi kondisi ini adalah menggunakan air mata buatan, seperti misalnya memakai tetes mata agar mata menjadi basah. Kemudian, usahakan untuk tidak menggosok mata dan pada saat mata kering perbanyak untuk mengedipkan mata agar air mata dapat menyebar. Mata kering bahkan bisa memperburuk kondisi mata yang lelah.

  • Penglihatan Kabur

Kondisi mata yang lelah bisa membuat ketajaman mata tidak dapat berfungsi seperti biasanya, penglihatan yang kabur ketika melihat sesuatu nantinya membuat seseorang menjadi samar ketika objek tersebut. Penglihatan kabur juga dipengaruhi dengan munculnya nyeri pada mata, kondisi ini bisa terjadi pada salah satu dan bahkan kedua mata.

Selain itu, ketika seseorang berada dalam kondisi ini biasanya akan lebih sensitif terhadap cahaya. Gangguan mata yang samar bisa menjadi tanda penyakit serius pada mata, bahkan bisa berpotensi membuat seseorang mengalami beberapa penyakit mata, seperti refraktif, katarak, degenerasi makula, glaukoma hingga infeksi mata.

  • Nyeri Leher

Kondisi lelah pada mata juga bisa dirasakan di bagian leher hingga menjalar ke punggung, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengurangi kegiatan kontak langsung dengan mata. Seperti misalnya cahaya pada laptop, kemudian mengatur jarak pandangan pada layar, hingga membatasi waktu ketika menggunakan alat elektronik.

  • Mata Menempel Sulit Dibuka

Tanda mata yang lela selanjutnya adalah kesulitan membuka atau mata yang menempel dan disebabkan karena mata kering dan konjingtivitas. Konjungtivitas merupakan kondisi dimana selaput bening yang melapisi mata bagian depan, jika sudah berada dalam kondisi kesulitan membuka mata sebaiknya langsung untuk istrirahat.

  • Mata Perih dan Panas

Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa menyebabkan mata terasa perih dan panas, hal ini apabila terjadi dalam waktu cukup lama bisa membuat seseorang terkena fotokeratitis. Merupakan peradangan pada mata karena diakibatkan terlalu lama kontak langsung dengan sinar matahari, penderita akan merasakan matanya seperti terbakar.

  • Kehilangan Konsentrasi

Tanda mata lelah selanjutnya adalah konsentrasi mata yang hilang ketika digunakan untuk mengamati suatu objek. Kondisi ini tentu mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dalam mengerjakan sesuatu, untuk langkah pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan. Usahakan mata tetap bersih dari kotoran yang menempel, bisa menggunakan obat tetes mata.

  • Sakit Kepala

Sakit kepala tidak hanya diakibatkan karena flu yang menyerang, tetapi juga sebagai akibat dari lelahnya mata ketika digunakan untuk melakukan aktivitas. Pusing akibat mata yang lelah bisa ditandai dengan mata kering, gangguan refraksi, skleritis dan kelumpuhan pada saraf kranial.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*