Tak Perlu Cemas, Begini Cara Menghilangkan Uban

Seringkali, rambut putih atau uban identik dengan usia yang sudah tua. Tapi, tak sedikit generasi muda yang juga mengalami pertumbuhan uban. Bila Anda salah satunya, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan cara menghilangkan uban secara khusus. 

Pada dasarnya, kemunculan rambut putih adalah suatu kondisi yang wajar. Perubahan warna rambut pasti akan terjadi pada semua orang seiring dengan bertambahnya usia. Tidak ada waktu pasti bagi setiap orang untuk mengalami pertumbuhan uban pertama kali. Uban bisa muncul di usia berapa saja, bahkan pada remaja sekalipun.

Cara menghilangkan uban secara alami

Beberapa orang berpikiran bahwa mencabut uban bisa mengatasi pertumbuhan uban yang semakin banyak. Padahal, hal itu hanya akan merusak kondisi rambut dan kulit kepala Anda.

Sebaiknya, cobalah menggunakan cara menghilangkan uban secara alami seperti berikut: 

  • Teh

Salah satu cara menghilangkan uban yang paling populer adalah dengan menggunakan teh. Secara khusus, Anda harus menggunakan teh hitam atau black tea untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh hitam mampu mendorong kinerja melanin dan keratin yang berperan dalam mengembalikan pigmen alami rambut Anda. Ditambah lagi, teh hitam juga kaya akan kandungan tanin yang berfungsi untuk menghentikan produksi hormon penyebab kerontokan rambut.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menambahkan 2 helai daun teh ke dalam air mendidih. Tambahkan juga satu sendok teh garam. Kemudian, biarkan sampai semuanya larut selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu, Anda bisa melihat bahwa air yang berwarna bening secara perlahan berubah menjadi hitam. Dinginkan larutan kemudian tuangkan ke rambut. Gunakan larutan tersebut sebagai masker selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

  • Bawang bombay

Bawang bombay juga bisa digunakan sebagai formula alami untuk mengatasi uban. Secara khusus, Anda hanya perlu memanfaatkan cairan atau jus dari bawang bombay untuk menghilangkan uban di rambut. 

Di dalam setiap bawang bombang terdapat kandungan yang mendukung pertumbuhan rambut. Kandungan ini juga meningkatkan produksi enzim katalase yang berfungsi untuk menghitamkan rambut.

Untuk bisa memakainya, pertama-tama jus bawang bombay terlebih dahulu. Kemudian, campurkan 2-3 sendok teh jus tersebut dengan 1 sendok teh air lemon dan 1 sendok teh minyak zaitun.

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, oleskan larutan tersebut ke kulit kepala. Pijat pelan kulit kepala Anda. Biarkan selama kurang lebih setengah jam lalu bilas sampai bersih. 

  • Minyak almond dan jus lemon

Minyak almond dikenal kaya akan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi rambut. Minyak ini mampu menutrisi rambut sampai ke akarnya dan mencegah pertumbuhan uban yang terlalu cepat. 

Kemudian, jus lemon memiliki manfaat untuk menambah kilau dan volume pada rambut. Selain itu, lemon juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. 

Cara menghilangkan uban dengan minyak almond dan jus lemon dapat dilakukan dengan mencampurkan keduanya menggunakan perbandingan 2:3. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan pijat secara perlahan. 

Almond dan lemon merupakan bahan yang cukup mudah didapatkan. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan uban dengan cara alami melalui bahan-bahan yang mudah didapatkan dan terjangkau. 

Itulah beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Selain bahan yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengatasi uban.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*