5 Peralatan Penting yang Harus Dimiliki Skateboard Pemula

Skateboard merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem namun disukai anak muda. Sebelum menjadi pemain skateboard pemula, ada beberapa hal penting yang harus Anda miliki dan lakukan.

Skateboard pertama kali muncul di Amerika Serikat tepatnya di California. Olahraga ini terinspirasi dari selancar, pertama kali dimainkan di tahun 1940-an atau 1950-an.

Meskipun terlihat olahraga ini cukup sederhana, namun perlengkapan untuk menjadi pemain skateboard memang cukup banyak untuk dimiliki.

Peralatan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Skateboard Pemula

Olahraga skateboard memang berisiko mengalami cedera apabila dimainkan tanpa perlengkapann keamanan. Sehingga penting bagi skateboard pemula untuk menggunakan pelindung diri dengan lengkap dan menggunakan papan skateboard yang sesuai standar.

Mungkin banyak terlihat pemain skateboard yang sudah mahir bermain tanpa pelindung diri yang layak. Namun, jangan ditiru oleh pemain skateboard pemula. Sebab akan sangat berisiko mengalami cedera atau kecelakaan.

Berikut beberapa peralatan yang harus dimiliki okeh pemain skateboard pemula.

  1. Papan Skateboard

Ini adalah hal wajib yang tentu saja harus dimiliki oleh seseorang yang ingin terjun menjadi pemain skateboard. Jika Anda ingin bermain skateboard di taman, sebaiknya pilihlah papan dengan ukuran relatif kecil.

Pastikan semua yang ada di papan skateboard berfungsi dengan baik dan tidak ada yang rusak. Cek dna pastikan papan skateboard tidak retak, rodanya berfungsi baik, ujung papan tumpul, tidak ada bagian di papan yang longgar.

  • Helm Khusus

Selain papan, Anda juga harus memiliki helm yang khusus untuk pemain skateboard. Bukan helm sepeda apalagi helm sepeda motor ya.

Helm skateboard harus kokoh serta dilengkapi dengan pengait sehingga helm ini dapat dengan aman melindungi kepala Anda dari benturan.

  • Sepatu

Bagi pemain skateboard pemula, sebaiknya memiliki sepatu dengan sol karet yang kuat agar bisa mencengkram papan skateboard lebih kuat. Hindari menggunakan sepatu biasa atau malah sendal saat mencoba olahraga ini.

  • Pelindung Lutut dan Siku

Selain mengenakan helm khusus, pemain skateboard pemula juga harus mengenakan pelindung siku dan lutut untuk mencegah Anda megalami cedera. Pilih pelindung lutut dan siku yang tidak membatasi gerakan Anda dan terbuat dari plastik keras.

  • Peralatan Lain

Ada juga pelindung paha, mulut, hingga sarung tangan untuk melindungi bagian-bagian tersebut dari cedera ketika mengalami kecelakaan saat bermain.

Tips Aman Olahraga Skateboard Pemula

Agar tidak mengalami cedera saat bermain skateboard, berlatihlah di tempat yang aman dan pastikan menggunakan alat pelindung diri. Berikut beberapa tips untuk skateboard pemula agar meminimalisir cedera.

  • Menghindari bermain skateboard di tempat yang ramain atau pun di jalan raya
  • Pilih permukaan permainan skateboard tidak banyak rintangan atau jalannya tidak berlubang.
  • Jangan gunakan handphone saat Anda bermain skateboard.
  • Pilihlah taman atau lahan parkir  yang tidak terpakai atau jauh dari lalu lintas.
  • Tidak disarankan bermain skateboard saat hujan atau jalanan becek
  • Tidak disarankan juga untuk bermain skateboard dengan berpegangan pada kendaraan yang sedang berjalan

Bagi Anda skateboard pemula, sebaiknya ajaklah teman atau orang lain yang bisa mengawasi dan membantu Anda saat berlatih. Coba juga teknik-teknik bermain skateboard yang mudah dan tidak terlalu berisiko menyebabkan cedera.

Tidak dipungkiri memang, perlengkapan skateboard yang berkualitas akan menguras kantong. Namun, peralatan yang berkualitas juga akan memberikan Anda perlindungan ekstra saat bermain skateboard sebagai pemula.

Olahraga Read More