Obat Liver Alami Untuk Perlemakan Hati

Perlemakan hati adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak di hati. Ada dua jenis penyakit perlemakan hati, alkoholik dan non-alkoholik. Seperti namanya, penyakit perlemakan hati alkoholik disebabkan oleh konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, penyakit perlemakan hati non-alkoholik (NAFLD) tidak ada hubungannya dengan konsumsi alkohol dan sebabnya masih belum diketahui. Akan tetapi, NAFLD umum dijumpai pada orang-orang yang memiliki kondisi obesitas, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Saat ini, belum ada obat-obatan khusus untuk merawat NAFLD. Namun ada obat liver alami dalam bentuk diet dan perubahan gaya hidup yang efektif untuk mengatasi tersebut. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendalam.

Apabila Anda memiliki NAFLD, perlu diingat bahwa tidak semua diet dan suplemen baik dan sehat untuk hati Anda. Sebelum Anda melakukan diet dan gaya hidup sebagai upaya obat liver alami untuk mengatasi NAFLD, penting Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  • Turunkan berat bedan

Menurut panduan Lembaga Studi Penyakit Hati Amerika (AASLD) pada tahun 2017, turunnya berat badan merupakan bagian penting dalam mengurangi gejala NAFLD. Panduan tersebut merekomendasikan orang-orang dengan NAFLD perlu menurunkan sekitar 3 hingga 5 persen dari berat badan mereka untuk mengurangi penumpukan lemak di hati. Selain itu, dengan mengurangi sekitar 7 hingga 10 persen berat badan dapat mengurangi gejala NAFLD seperti peradangan dan fibrosis.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi berat badan dan menjaganya adalah dengan perlahan dan konsisten. Puasa dan diet yang ekstrim sering tidak efektif dan malah dapat berbahaya bagi hati. Sebelum Anda memutuskan melakukan program penurunan berat badan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan memastikan apakah program diet tersebut cocok untuk Anda. Ahli nutrisi dapat mempersiapakn rencana program diet yang tepat agar Anda mampu mencapai berat badan yang diingankan serta membuat pilihan makanan bernutrisi.

  • Cobalah diet Mediterania

Penelitian pada tahun 2017 menyatakan bahwa diet Mediterania dapat membantu mengurangi perlemakan hati meskipun tanpa perlu menurunkan berat badan. Diet Mediterania juga dapat membantu merawat kondisi-kondisi tertentu yang sering diasosiasikan dengan NAFLD, termasuk kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2. Diet ini berfokus pada berbagai macam jenis buah dan sayur, dan juga lemak sehat, contohnya apel, pisang, melon, kacang, polong-polongan, alpukat, zaitun, telur, ayam dan kalkun tanpa kulit, nasi merah, pasta gandum ututh dan quinoa.

  • Minum kopi

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2016, kopi memberikan manfaat pelindung bagi hati. Kopi dapat menstimulasi produksi enzim-enzim di hati yang mampu melawan peradangan. Penelitian yang sama juga menyatakan bahwa orang-orang dengan NAFLD yang meminum kopi dengan teratur menunjukkan pengurangan kerusakan hati. Cobalah untuk meminum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap harinya untuk menurunkan risiko penyakit hati. Kopi hitam adalah pilihan terbaik karena tidak ada kandungan lemak ataupun tambahan gula.

Saat ini tidak ada pengobatan medis sebagai bentuk perawatan NAFLD. Perubahan gaya hidup dan diet ke arah yang lebih baik merupakan obat liver alami yang efektif sebagai bentuk pilihan perawatan para penderita NAFLD. Turunnya berat badan, melakukan aktivitas fisik dengan teratur, kurangi konsumsi gula, makan makanan yang sehat, dan minum kopi dapat menjadi obat liver alami untuk mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan NALFD.

Penyakit
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*