Mitos & Fakta Retinol, Rutinitas Perawatan Kulit Anda!

Pernahkah Anda mendengar tentang retinol? Bagi beberapa orang pengguna skin care atau perawatan kulit lainnya mungkin sudah tak asing lagi dengan kata tersebut. Pasalnya, retinol adalah salah satu kandungan yang terdapat pada perawatan kulit Anda.

Retinol adalah substansi yang dipercaya dapat memperbaiki tekstur, pigmentasi, warna kulit secara transformatif. Dengan kata lain, retinol merupakan penolong bagi kulit yang mulai memasuki usia lanjut. Mungkin Anda pernah mendengar betapa menakjubkannya retinol untuk kulit Anda. Mereka dapat merangsang kolagen, membantu mengobati jerawat, dan paling penting membuat kulit lebih awet muda.

Namun, banyak sekali informasi yang menyebar di kalangan masyarakat terkait dengan retinol. Nah, berikut beberapa fakta dan mitos yang telah tersebar di masyarakat.

Mitos: Retinol dapat membuat kulit tipis

Faktanya, hal ini mungkin saja terjadi, mungkin saja tidak. Pasalnya, salah satu efek samping saat pertama kali Anda mulai menggunakan retinol adalah pengelupasan kulit. Banyak yang mengganggap kulit mereka akan menipis, tetapi justru sebaliknya. Karena retinol merangsang produksi kolagen, jadi sebenarnya justru membantu menebalkan kulit.

Mitos: Anak muda tidak bisa menggunakan retinol

Faktanya, retinol sering kali diresepkan oleh dokter untuk mengobati jerawat dan hal ini banyak dilakukan pada anak muda. Namun, pada penelitian yang dilakukan pada tahun 1980-an, retinol dapat digunakan untuk memperbaiki kulit, seperti menghaluskan garis halus akibat hiperpigmentasi. Semenjak itulah retinol dipasarkan sebagai anti penuaan.

Pada dasrnya tidak ada Batasan usia dalam penggunaan retinol. Namun, ada baiknya yang menggunakan memang sedang dalam masa perawatan, baik kerawat atau masalah kulit lainnya.

Mitos: menggabungkan retinol dengan vitamin C akan lebih baik

Faktanya, menggunakan retinol dengan vitamin C secara bersamaan  bukanlah ide yang baik. Meskipun keduanya akan cocok karena keduanya memiliki  antioksidan yang tinggi, namun masing-masing memiliki pH tertentu yang memungkinkan bahan-bahan tersebut akan berkerja di kulit. Ada baiknya untuk mengunakannya secara terpisah. Misalnya saja, menggunakan retinol pada pagi hari dan vitamin C pada malam hari, atau sebaliknya untuk menghindari iritasi pada kulit.

Mitos: Jangan gunakan retinol di sekitar mata

Banyak orang menggap area mata adalah area yang asngat sensitif untuk penggunaan retinol. Faktanya, daerah tersebut merupakan daerah yang paling banyak terdapat kerutan, dan biasanya muncul pertama kali pada daerah tersebut. Justru retinol akan berfungsi untuk menghilangkan garis halus dan kerutan yang timbul di sekitar mata. Namun, jika area mata Anda terlalu sensitif, bisa mengoleskan krim mata terlebih dahulu sebelum retinol.

Mitos: Gunakan retinol hanya pagi hari saja

Faktanya, retinol dapat digunakan kapan saja, baik malam hari maupun pagi. Bahkan retinol pun dapat digunakan apda siang hari, terutama jika Anda menggunakan dengan krim lain yang berfungsi menyamarkan bintik hitam atau cokelat di wajah. Pastikan juga Anda untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung.

Mitos: Semakin sering dan banyak akan mendapatkan hasil yang lebih baik

Faktanya, penggunaan setiap hari memang tidak dilarang. Tetapi Anda masih bisa mendapatkan hasil dan manfaat yang sama ketika menggunakan beberapa kali dalam seminggu dan setiap harinya. Pasalnya, seberapa cepat hasilnya kan tergantung dari pada kekuatan jenis retinol yang Anda gunakan.

Selain itu, menggunakan terlalu banyak produk pun sering kali menyebabkan efek yang tidak diinginkan, seperti pengelupasan dan kekeringan. Jumlah yang disarankan adalah sekitar setetes atau sebesar kacang polong untuk seluruh wajah.

Jadi, kapan bisa menggunakan retinol?

Jika Anda tertarik untuk merawat atau mengambil tindakan pencegahan untuk kulit keriput, garis halus, pigmentasi, jaringan parut, dan banyak lagi, maka Anda bisa menggunakannya pada akhir usia 20-an atau awal 30-an. Karen apada usia tersebut adalah waktu yang tepat untuk memulai menggunakan retinol.

Kesehatan Kulit
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*