Menurunkan Berat Badan dengan Cara Diet Alami, Caranya?

Banyak orang yang sepakat bahwa cara-cara yang alami, termasuk untuk diet, dianggap lebih aman bagi tubuh. Hasil dari cara diet alami memang tidak akan dirasakan secara instan. Namun, dari sisi keamanan lebih baik serta berat badan dapat menjadi ideal untuk jangka waktu yang panjang.

Menerapkan cara diet alami, pada dasarnya mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Sehingga, efeknya bukan hanya berat badan menurun, melainkan tubuh juga menjadi lebih sehat.

Cara diet alami untuk menurunkan berat badan

Dalam menerapkan cara diet alami ini, Anda tidak harus melakukan perubahan yang drastis. Anda dapat mengubah pola makan secara perlahan, sehingga upaya diet ini pun dapat terasa lebih ringan.

1. Menambah asupan protein

Dalam persoalan menurunkan berat badan, protein menjadi salah satu kunci utama. Tubuh akan membakar kalori cukup signifikan saat mengolah protein yang Anda konsumsi. Artinya, semakin banyak protein yang dikonsumsi, pembakaran kalori pun akan semakin tinggi.

Protein juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan pun menurun. Maka, tidak perlu ragu untuk menambahkan sumber protein ke dalam komponen diet harian Anda, seperti daging ayam tanpa lemak.

2. Mengurangi asupan gula

Perlu diketahui, asupan gula berlebih akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Inilah yang menyebabkan berat badan Anda terus naik.

Maka, penting sekali bagi Anda yang ingin menjalani cara diet alami untuk mengurangi asupan gula. Caranya, dapat dimulai dengan mengurangi asupan minuman dalam kemasan atau mencari alternatif pemanis alami selain gula.

3. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Semua orang tentu sudah mengerti bahwa memperbanyak konsumsi sayur dan buah, baik sekali untuk mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan. Pertanyaannya, berapa banyak yang menerapkan hal tersebut dalam keseharian?

Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan cara diet alami, hal ini wajib dilakukan. Sayuran dan buah-buahan memiliki vitamin, mineral, dan kandungan serat yang tinggi, namun rendah kalori. Cocok sekali bagi mereka yang sedang menjalani diet, bukan?

4. Memperbanyak asupan air putih

Manfaat air putih bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bila konsumsi air putih dilakukan sebelum makan, maka air putih juga memberikan efek kenyang dengan nilai kalori nol. Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit.

Usahakan juga untuk meninggalkan berbagai jenis minuman kemasan, dan hanya memenuhi kebutuhan cairan melalui konsumsi air putih.

5. Membatasi asupan karbohidrat

Bagian dari cara diet alami berikutnya adalah mengurangi asupan karbohidrat. Seperti telah disebutkan sebelumnya, gula berlebihan akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Sementara karbohidrat akan diubah menjadi gula dan menambah asupan kadar gula di dalam tubuh.

Hal ini bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Anda dapat mengganti karbohidrat dengan jenis yang lebih sehat, seperti gandum dan nasi merah.

6. Membiasakan sarapan

Tahukah Anda, sarapan merupakan kebiasaan sehat yang dijalani oleh mereka yang berhasil menurunkan berat badan?

Dengan sarapan, Anda akan makan lebih sedikit di siang hari, juga pada jam-jam makan selanjutnya. Namun ingat, pastikan Anda sarapan dengan menu yang sehat.

7. Rutin berolahraga

Cara diet alami tentu tidak akan lepas dari berolahraga secara teratur. Seperti telah diketahui, pola makan yang sehat saja tidak cukup untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Hal tersebut perlu dibarengi dengan olahraga. Dalam hal ini, Anda sebaiknya melakukan olahraga kardio, antara lain jogging, berenang, atau senam aerobik.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*