Lakukan Tes Tekanan Darah Manual Sendiri di Rumah

Untuk melakukan tes tekanan darah, Anda tidak perlu pergi ke dokter. Kini, Anda bisa mengawasi tekanan darah Anda sendiri di rumah. Hal ini sangat penting terutama apabila dokter Anda merekomendasikan untuk terus memantau tekanan darah secara berkala. Sebelum melakukan tes tekanan darah, perlu diingat bahwa ada faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Misalnya, tekanan darah normal biasanya akan naik sebagai hasil dari stres, merokok, suhu udara yang dingin, latihan atau olahraga, konsumsi kafein, dan obat-obatan tertentu. Cobalah untuk menghindari faktor-faktor tersebut saat Anda hendak melakukan tes tekanan darah. Selain itu, cobalah untuk selalu mengukur tekanan darah dalam waktu yang sama setiap harinya. Dokter mungkin juga ingin Anda memeriksa tekanan darah beberapa kali dalam sehari untuk melihat apakah ada kenaikan atau tidak.

Lakukan hal ini sebelum melakukan tes tekanan darah

Cobalah untuk tempat yang tenang saat Anda melakukan tes tekanan darah. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat Anda harus mendengar suara detak jantung. Selain itu, pastikan Anda berada dalam kondisi yang nyaman dan relaks dengan perut yang kosong (perut yang penuh dan memengaruhi pembacaan tes tekanan darah). Apabila Anda memakai kemeja lengan panjang, gulung bagian lengan atau hindari memakai pakaian yang ketat. Anda juga perlu untuk duduk di kursi (dengan meja di sebelah kursi) selama 5 hingga 10 menit. Lengan harus istirahat dengan nyaman sejajar dengan jantung. Duduk dengan tegak dengan punggung bersandar pada kursi dan luruskan kaki. Istirahatkan lengan Anda pada meja dengan bagian telapak tangan menghadap ke atas.

Prosedur tes tekanan darah

Bagian ini akan membahas cara melakukan tes tekanan darah menggunakan monitor tekanan darah manual.

  • Temukan nadi Anda

Anda bisa menemukan nadi dengan mudah dengan cara menekan jari telunjuk dan jari tengah secara perlahan pada bagian dalam lekukan siku (tempat di mana ateri brachial berada). Apabila Anda kesulitan menemukan nadi, letakkan bagian kepala stetoskop (pada monitor manual).

  • Kencangkan manset

Geser manset ke lengan Anda. Pastikan kepala stetoskop berada di atas arteri apabila Anda menggunakan monitor jenis manual. Untuk mempermudah pengukuran, Anda bisa menandai masnet dengan panah untuk menunjukkan lokasi kepala stetoskop. Bagian bawah manset harus berada di atas lipatan siku sekitar 1 inci. Gunakanlah pengikat kain yang tersedia agar manset pas berada di lengan, namun tidak terlalu kencang. Tempatkan stetoskop di telinga Anda untuk mendapatkan hasil suara yang terbaik.

  • Kembang kempiskan manset

Apabila menggunakan monitor manual, letakkan pengukur tekanan di tangan kiri dan balon karet di tangan kanan. Kembangkan manset dengan menekan balon menggunakan tangan kanan. Anda akan mendengar suara nadi pada stetoskop. Perhatikan pengukur tekanan dan terus kembangkan manset hingag jarum menunjukkan angka 30 mm Hg. Anda tidak akan mendengar nadi di stetoskop. Dengan memerhatikan pengukur tekanan, lepaskan tekanan pad amanset dengan membuka katup aliran udara berlawanan arah jarum jam. Dengarkan dengan saksama detak nadi pertama. Setelah Anda mendengarnya, catat hasil pembacaan pada pengukur tekanan. Pembacaan ini merupakan tekanan sistolik. Teurs biarkan manset kempis perlahan. Dengarkan baik-baik hingga suara hilang. Saat Anda tidak mendengar suara apapun, catat hasil pembacaan. Pembacaan tersebut adalah tekanan diastolic Anda. Ikuti instruksi dokter tentang tes tekanan darah yang Anda lakukan dan seberapa sering Anda harus mengukur tekanan darah. Catat tanggal, waktu, tekanan sistolik dan diatolik.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*