Bagaimana Sebenarnya Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan? Simak Faktanya Berikut

Banyak mitos yang seringkali beredar mengenai tanda atau ciri-ciri hamil anak dengan jenis kelamin tertentu. Sebagai contoh, beberapa orang kerap kali menghubung-hubungkan kondisi kesehatan ibu dengan ciri-ciri hamil anak perempuan ketika trimester pertama, seperti adanya jerawat yang tumbuh dan mengidap rasa mual. Bagaimana sebenarnya fakta dari mitos tersebut?

Dunia medis berpandangan bahwa jenis kelamin janin baru dapat diketahui paling cepat ketika usia kehamilan mencapai 11 minggu. Caranya, dengan ibu hamil melakukan tes darah noninvansif (NIPT) ketika kandungan mencapai usia minggu. Pada dasarnya, tes NIPT ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan kelainan pada kromosom janin, seperti risiko mengalami Down Syndrome. Walaupun begitu, tes ini juga dapat memberikan hasil ada atau tidak kromosom Y yang merupakan kromosom laki-laki pada janin.

Selain tes NIPT, ibu hamil juga dapat melakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG) ketika usia kehamilan sudah memasuki 14 minggu. Namun, hasil USG dikatakan akurat ketika pemeriksaan dilakukan ketika janin telah berusia 18 minggu.

Mitos ciri-ciri hamil anak perempuan yang perlu diluruskan

Salah satu mitos yang umum didengar mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan, yaitu perubahan wajah menjadi lebih kusam ketika hamil muda. Selain itu, ibu hamil anak perempuan juga cenderung ngidam makanan tertentu dan bahkan mengalami mood swing.

Seperti apa fakta sebenarnya? Mari simak penjelasannya berikut!

  • Kulit kusam disertai jerawat

Jerawat yang muncul pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak dan terlihat kusam. Banyak orang yang mengaitkan mitos ini dengan ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Namun, pada kenyataannya, jerawat dan perubahan kondisi kulit pada ibu hamil normal terjadi kok. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon dan tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin janin.

  • Bentuk perut yang terlihat bulat

Ketika ibu hamil memasuki usia kandungan di akhir trimester pertama, perut buncit ibu hamil akan mulai terlihat. Kondisi inilah yang dipercayai beberapa orang sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Berbeda dengan ciri-ciri hamil anak laki-laki yang cenderung dikaitkan dengan perut yang lebih lonjong.

Kenyataannya, bentuk perut ibu hamil tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin janin. Faktor penyebab perbedaan bentuk perut ibu hamil tidak lain adalah tipe tubuh, level kebugaran, kekuatan otot, hingga kenaikan berat badan ibu hamil itu sendiri.

  • Mengalami perubahan suasana hati secara drastic

Perubahan suasana hati secara drastis atau yang lebih dikenal dengan mood swing, juga seringkali dikaitkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Namun, pada kenyataannya, perubahan mood yang terjadi pada ibu hamil murni dipengaruhi oleh hormon yang naik secara drastis di periode awal kehamilan.

  • Ngidam makanan tertentu

Ibu hamil anak perempuan kerap kali dikelilingi mitos bahwa mereka cenderung ngidam makanan manis. Sementara itu, jika ibu hamil ngidam makanan asin atau asam, hal tersebut menandakan bahwa janin yang dikandung berjenis kelamin laki-laki.

Kenyataannya, fenomena ngidam pada ibu hamil justru adalah tanda bahwa ibu hamil kekurangan kandungan mineral tertentu dan tidak berhubungan dengan jenis kelamin janin.

  • Mengalami mual secara berlebihan

Rasa mual atau morning sickness adalah kondisi yang paling umum dialami ibu hamil di awal masa kehamilan. Namun, beberapa orang mengaitkan kondisi ini dengan ciri-ciri ibu hamil anak perempuan di trimester pertama.

Sebenarnya, rasa mual yang dialami tersebut diakibatkan karena peningkatan kadar hormone kehamilan (hCG). Mual juga dapat menjadi tanda bahwa janin yang Anda kandung dalam kondisi sehat. Namun, memang Anda perlu mewaspadai kondisi mual yang berlebihan, karena dapat mengakibatkan kekurangan cairan.

Kesehatan Wanita Read More

Cara Obati Gangguan Menstruasi pada Wanita

Merujuk pada kelainan yang terjadi dalam siklus menstruasi seorang perempuan pada umumnya disebut dengan gangguan menstruasi. Kondisi ini sangat bervariasi, mulai dari adanya pendarahan yang berlebih dan terlalu sedikit. Kemudian rasa nyeri hebat yang muncul, kacaunya siklus hingga bahkan sama sekali tidak mengalami menstruasi.

Pada perempuan yang normal dalam artian sehat, siklus menstruasi yang berlangsung akan normal dan berhenti dalam waktu yang hampir sama setiap bulannya. Gangguan yang dirasakan terkadang masih bisa ditahan oleh yang mengalami dalam artian masih dalam batas wajar. Seperti misalnya kram perut hingga suasana hati atau mood yang mudah berubah.

Tanda dan Gejala Gangguan

Gangguan haid atau menstruasi memang sangat umum terjadi, tergantung pada apa jenis gangguannya. Kondisi tersebut terjadi pada pasien dari berbagai macam golongan usia, bisa diatasi dengan cara mengendalikan faktor-faktor risiko yang ada. Untuk mengetahui hal itu secara sepenuhnya bisa dikonsultasikan ke dokter atau juga bisa lebih dulu mengenali tanda dan gejalanya.

  • PMS

Kondisi ini terjadi selama satu hingga dua minggu sebelum menstruasi dimulai, bagi beberapa perempuan akan mengalami gejala fisik hingga emosional. Sementara itu beberapa lainnya bisa mengalami gejala yang lebih sedikit dan tidak sama sekali, selain itu kondisi ini juga bisa menyebabkan perempuan mengalami beberapa hal mulai dari perut kembung hingga kram perut.

  • Menstruasi Berat

Merupakan gangguan yang juga disebut dengan menorrhagia, kondisi ini menyebabkan perempuan mengeluarkan darah kotor berlebih dari kondisi normal. Selain itu, masa haid juga berlangsung lebih dari rata-rata lima hingga tujuh hari.

  • Absen Menstruasi

Gangguan ini disebut dengan amenorrhea, terdapat dua jenis yakni primer dan sekunder, primer terjadi pada saat perempuan tidak menstruasi pertama di usia 16 tahun. Sementara sekunder terjadi pada saat berhenti mendapat haid reguler selama enam bulan atau lebih.

Metode Mengatasi Gangguan Menstruasi

Tipe pengobatan dan penanganan biasanya ditujukan terhadap penyebab gangguan siklus menstruasi si perempuan. Sedikit penjelasan mengenai beberapa atau masing-masing jenis penanganan tergantung pada gangguan yang dialami si perempuan. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai pengobatan gangguan haid tergantung dari yang dialami.

  • Siklus Haid Tidak Teratur

Kondisi ini bisa diatasi dengan pengobatan hormon, seperti obat-obatan estrogen atau progestin, dokter kemungkinan akan memberikan resep obat. Tujuan dilakukan pengobatan ini adalah untuk membantu mengatasi pendarahan berlebih ketika menstruasi dialami perempuan.

  • Mengurangi Rasa Sakit

Jika mengalami sakit yang berbeda dari biasanya atau luar biasa ketika haid, konsultasikan langsung ke dokter. Pada umumnya, dokter akan memberikan resep obat-obatan seperti ibuprofen atau acetaminophen. Penggunaan obat aspirin sangat tidak dianjurkan karena bisa memperparah aliran darah menstruasi.

  • Fibroid Rahim

Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan hingga prosedur operasi, apabila gejala yang muncul tergolong ringan maka perempuan yang sedang mengalami kondisi ini dianjurkan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, obat ini dijual bebas di apotek. Namun, jika mengalami pendarahan hebat maka memerlukan suplemen zat besi untuk mengatasi anemia.

Dokter juga akan memberikan resep pil atau suntik KB guna mengontrol pendarahan secara berlebih, obat-obatan gonadotropin juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran fibroid yang terdapat di dalam rahim.

  • Endometriosis

Perlu diketahui bahwa endometriosis merupakan salah satu gangguan menstruasi yang tidak dapat disembuhkan secara tuntas. Namun demikian, terdapat beberapa obat-obatan pereda rasa sakit yang bisa dikonsumsi. Termasuk obat-obatan hormon pil KB yang bisa menghambat pertumbuhan jaringan rahim dan mengunci volume darah yang hilang.

Kesehatan Wanita Read More

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Pembesar Payudara Implan

Memiliki niat untuk menggunakan pembesar payudara adalah sebuah keputusan krusial. Hal itu disebabkan lantaran akan ada sebuah operasi besar dengan hasil yang belum bisa dipastikan. Belum lagi terdapat beberapa risiko kesehatan yang tampaknya dapat membuat Anda untuk berpikir ulang.

Prosedur memperbesar payudara termasuk golongan operasi kecantikan. Seseorang harus memiliki perencanaan yang cukup matang untuk memutuskan hal ini. Mengapa begitu? Karena prosedur bedah ini pun memerlukan perencanaan matang, termasuk dalam hal finansial. Biaya oprasi pembesaran payudara tahun ini belum tentu sama dengan biaya oprasi pembesaran payudara pada tahun-tahun berikutnya.

Jika keputusan Anda sudah bulat untuk melakukan pembesaran payudara, ini dia beberpa tips yang harus dilakukan:

Memilih Dokter yang Tepat

Jangan memilih sembarang dokter atau tergiur dengan paket yang lebih ekonomis. Dokter bedah juga harus memiliki standar akreditasi tepercaya. Saat memilih dokter bedah, cari dokter yang memiliki banyak pengalaman. Anda harus memilih seorang ahli bedah yang telah memiliki setidaknya lima tahun pelatihan bedah dan setidaknya dua tahun pengalaman dalam operasi plastik.

Perbanyak komunikasi dengan dokter tentang keinginan dan serap pendapat dokter tentang hasil akhir yang akan Anda peroleh agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Terdapat beberpa tips saat anda memilih dokter bedah:

Memilih Implan

Saat ini sudah terdapat 2 jenis implan pembesar payudara, kedua implan itu masing-masing terbuat dari bahan silikon atau saline. Implan silikon adalah jenis yang paling umum digunakan di Inggris. Mereka cenderung berkerut dan merasa lebih alami. Namun, mereka dapat menyebar ke payudara Anda dan menyebabkan benjolan.

Sedangkan implan saline lebih cenderung melipat, pecah, atau turun seiring waktu. Jika mereka turun atau pecah, saline akan dengan aman diserap ke dalam tubuh Anda. Anda harus mendiskusikan pro dan kontra dari setiap jenis implan payudara dengan dokter bedah Anda, bersama dengan ukuran dan bentuk implan Anda dan di mana mereka akan ditempatkan (di belakang payudara atau di belakang otot payudara).

Kemungkinan Masalah Pembesar Payudara Implan

Pembesar payudara implan terkadang dapat menyebabkan masalah-masalah seperti di bawah ini:

  • Terdapat bekas luka yang jelas;
  • Jaringan payudara terasa keras karena jaringan parut menyusut di sekitar implan (capsular contracture);
  • Implan yang pecah, ini dapat menyebabkan benjolan kecil yang lembut (siliconomas), yang hanya terlihat pada pemindaian payudara, implan harus dilepas;
  • Implan berputar di dalam payudara, menghasilkan bentuk yang tidak normal;
  • Riak implan, ini terjadi ketika implan hanya ditutupi oleh lapisan tipis jaringan, yang menempel pada permukaan implan dan sangat sulit diobati;
  • Masalah saraf pada puting susu, mereka mungkin menjadi lebih sensitif, kurang sensitif, atau benar-benar mati rasa. Kondisi ini bisa sementara atau permanen;
  • Tidak dapat menyusui atau menghasilkan ASI lebih sedikit daripada yang Anda lakukan tanpa implan, bayi Anda tidak akan dirugikan jika Anda menyusui dengan implan.

Risiko Pembesar Payudara Implan

Walaupun merupakan prosedur kosmetik, operasi implan payudara dapat memiliki risiko, seperti:

  • Nyeri payudara;
  • Perubahan sensasi pada puting dan payudara;
  • Pembentukan dan pengerasan jaringan parut di daerah sekitar implan;
  • Jaringan parut;
  • Berdarah;
  • Infeksi;
  • Masalah dengan ukuran atau bentuk implan (misalnya, payudara mungkin tidak simetris);
  • Limfoma Sel Besar Anaplastik Terkait atau AALCL (jarang, tetapi dapat dikaitkan dengan implan bertekstur);

Implan juga bisa pecah dan bocor. Jika implan saline pecah, saline akan diserap dengan aman oleh tubuh. Kebocoran silikon dapat tetap berada di dalam cangkang implan atau kebocoran di luar cangkang. Ketika implan saline pecah, ia akan mengempis. Tetapi implan payudara silikon mungkin tidak menyebabkan gejala yang jelas ketika pecah.

***

Operasi kosmetik pembesaran payudara terkadang bisa salah dan hasilnya mungkin tidak seperti yang Anda harapkan. Hubungi klinik tempat Anda menjalani operasi sesegera mungkin jika Anda mengalami sakit parah atau gejala yang tidak terduga, seperti kulit merah, terbakar, atau pembengkakan yang tidak biasa di area payudara Anda. Dengan melaporkan masalah apa pun, hal itu akan membantu memberikan lebih banyak informasi tentang keamanan implan.

Kesehatan Wanita Read More