4 Manfaat Garam Dapur untuk Wajah

Banyak yang menganggap bahwa garam dapur hanya bisa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada masakan. Padahal sebenarnya, ada manfaat lain dari garam dapur yang bisa kamu rasakan, yaitu sebagai perawatan alami untuk wajahmu.

Garam dapur ini bisa dimanfaatkan sebagai perawatan untuk wajah apalagi bagi kamu yang merasa tidak mengalami perubahan yang signifikan meski sudah mencoba banyak produk perawatan wajah. Maka dari itu, tak ada salahnya kamu mencoba cara alami untuk mempercantik kulit wajah dengan garam ini. Kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan garam dapur untuk mempercantik kulit wajah.

1. Masker Wajah

Saat stok masker di rumah sudah mulai menipis, tidak perlu buru-buru beli yang baru. Kamu bisa memanfaatkan persediaan garam di dapur sebagai masker wajah alami. Untuk memaksimalkan hasilnya, coba campurkan garam laut bersama bahan alami lainnya, seperti madu. Baik garam maupun madu, memiliki sifat antiradang yang bagus untuk meredakan iritasi dan jerawat yang membandel. Tidak hanya itu, produksi minyak di kulit wajah juga jadi lebih seimbang sekaligus mampu melembabkan area wajah yang kering. Kamu bisa mencampurkan dua sendok teh garam laut yang telah ditumbuk halus, dengan empat sendok teh madu sampai tekstur keduanya berbentuk seperti pasta. Selanjutnya, oleskan ke wajah secara merata tapi hindari area mata. Diamkan masker hingga mengering sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bilas dan lanjutkan perawatan wajah seperti biasa.

2. Toner Wajah

Idealnya, setelah membersihkan wajah dengan sabun muka, gunakan toner supaya wajah benar-benar bersih dan bebas dari kotoran. Nah, salah satu manfaat garam untuk wajah adalah sebagai toner alami yang bisa membantu membersihkan sisa-sisa debu atau bahkan makeup yang menempel pada wajah. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab garam dipercaya mampu membersihkan pori-pori kulit dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Bagi yang punya masalah dengan jerawat, penggunaan toner wajah dari garam ini juga bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara pakainya pun terbilang mudah. Kamu hanya tinggal mencampurkan satu sendok teh garam dengan empat sendok makan air hangat atau matang, lalu masukkan ke dalam botol semprot berukuran kecil. Pastikan garam dan air telah larut dengan sempurna. Gunakan dua kali dalam sehari dan hindari menyentuh area mata.

3. Scrub Wajah

Scrubbing bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bersarang di wajah. Biasanya, proses scrubbing ini dikenal dengan nama eksfoliasi. Jika rutin melakukan eksfoliasi dengan scrub, maka kotoran dan sel-sel kulit mati akan luruh. Akhirnya, wajah akan tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat. Ternyata, garam juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk scrub wajah, lho. Ini karena garam memiliki tekstur seperti butiran-butiran kecil yang bisa bantu mengeksfoliasi dan menghaluskan kulit wajah. Bila ingin hasil yang optimal, kamu bisa menambahkan lidah buaya, minyak almond, atau bahan alami lainnya sesuai selera. Caranya, campurkan setengah cangkir garam dengan seperempat cangkir lidah buaya dan empat sendok teh minyak almond. Aduk semua bahan hingga berbentuk seperti pasta kental, pastikan adonan scrub tidak terlalu kering. Lalu aplikasikan ke wajah seperti saat memakai scrub biasa, pijat lembut dengan gerakan melingkar dan hindari menggosok wajah terlalu keras.

4. Sabun Cuci Muka

Selain itu garam juga bisa kita gunakan sebagai sabun cuci muka. Berbagai produk kecantikan pun banyak yang mengeluarkan sabun cuci muka berbahan dasar garam laut. Alasannya, karena garam mengandung berbagai nutrisi penting sebagai kunci untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, kemampuan alami garam laut yang bisa mencegah timbulnya jerawat serta mengontrol kadar minyak berlebih di wajah, juga menjadi alasan lain pemilihan garam sebagai bahan alami sabun cuci muka.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari garam dapur. Yang terpenting kamu mengetahui cara dan langkah-langkah memanfaatkannya dengan baik agar bisa mencerahkan wajahmu.

Kesehatan Kulit Read More

Tips Ampuh Merawat Rambut Tipis

Penyebab kerontokan rambut pada orang-orang bermacam-macam. Penyakit dan pengobatan (seperti kemoterapi untuk mengobati kanker) juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut rontok juga bisa diwariskan dari orangtua.

Seringkali, rambut menipis karena bertekstur halus – atau karena terlalu banyak bahan kimia keras telah digunakan di atasnya – sehingga mudah rusak. Ini adalah beberapa tips untuk merawat rambut tipis, melindungi rambut, mencegah kerontokan rambut lebih lanjut, dan juga menambah volume pada rambut yang ada.

1. Coba Warnai Rambut Rontok

Jika kerontokan rambut yang Anda alami disebabkan karena warisan genetik Anda, kemungkinan besar sebenarnya Anda memiliki rambut yang sehat secara keseluruhan. Oleh karena itu, rambut Anda dapat mendapatkan manfaat dari pewarna rambut permanen atau semi permanen untuk memberikan volume pada rambut Anda.

Pewarna rambut ini dianggap lebih baik dibandingkan obat-obatan karena obat-obatan dapat melemahkan rambut, menyebabkan rambut patah atau rontok. Pewarna rambut semi permanen juga bagus karena tidak mengandung amonia atau peroksida yang tidak akan merusak rambut, justru akan menambah volume pada rambut.

Jika rambut Anda bertekstur halus, pewarna rambut semi permanen atau permanen tidak berbahaya untuk digunakan, asalkan dilakukan secara profesional. Karena jika tidak dilakukan dengan benar, rambut berwarna dapat dengan mudah mengalami proses yang terlalu banyak yang justru dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan rambut lebih lanjut.

2. Gunakan Produk Penambah Volume Rambut

Banyak produk penambah volume rambut mengandung parafin, yang merupakan lilin lebah. Kandungan ini tidak baik untuk kesehatan rambut karena dapat menumpuk dan membuat rambut menjadi patah.

Namun, penambah volume rambut yang dijual di salon dapat sangat membantu karena produk ini tidak akan memberatkan rambut Anda dan merusaknya. Produk biasanya diaplikasikan di area sekitar akar rambut untuk menyokong rambut. Kemudian, mulailah mengeringkan area akar rambut, menerapkan tegangan lembut dengan kuas untuk membangun volume rambut. Gunakan semprotan finishing ringan untuk menahannya.

3. Sampo dan Kondisioner Rambut Anda saat Kotor

Untuk melindungi rambut, cara terbaik adalah menggunakan sampo hanya saat rambut kotor. Karena rambut tipis menjadi lebih cepat kotor, orang-orang dengan rambut bertekstur halus perlu keramas lebih sering – meskipun rambut tipis dapat pecah lebih mudah.

Untuk alasan itu, rambut bertekstur tipis dapat memanfaatkan sampo dan kondisioner untuk membangun volume yang diinginkan.

4. Temukan Gaya Yang Sesuai Dengan Rambut Tipis

Salah satu cara merawat rambut tipis lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menemukan gaya rambut yang sesuai. Pengering rambut seharusnya tidak menjadi masalah, bahkan jika Anda memiliki rambut yang bagus. Akan tetapi, berhati-hatilah untuk memberi panas yang tinggi langsung ke rambut. Pelurus rambut dan alat pengeriting rambut dapat menyebabkan kerusakan.

5. Dapatkan Gelombang Permanen pada Rambut

Gelombang permanen dapat membantu memberikan volume pada rambut bertekstur tipis – tetapi rambut harus sehat, tidak kering atau rapuh. Hanya gelombang yang lembut disarankan, karena gelombang yang lebih ketat dapat merusak rambut. Karena bahan kimia dalam bentuk permanen itu cukup keras. Sebaiknya pemilihan gelombang permanen pada rambut merupakan pilihan terakhir cara merawat rambut tipis Anda.

Kesehatan Kulit Read More