Inilah Ramuan Meniran Hijau untuk Dapat Manfaatnya

Meniran hijau, walau dianggap gulma, merupakan tumbuhan yang punya banyak manfaat kesehatan.

Salah satu bahan alami yang mampu digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ramuan meniran sudah terbukti secara klinis. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis, dan beberapa penyakit lainnya seperti saluran pernapasan, kencing manis, penyakit kuning hingga diare. Terlebih itu, masih banyak lagi manfaat meniran hijau untuk kesehatan.

Bukti bahwa meniran hijau memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh juga diungkap oleh Kepala Umum Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), Dr. Setiawan Dalimartha. Namun demikian, agar meniran bisa didapatkan khasiatnya harus melalui proses pembuatan terlebih dahulu.

Manfaat Meniran Hijau

Menurut Dr Setiawan Dalimartha, perlu diketahui bahwa bagian meniran hijau yang bisa digunakan adalah herba segar atau yang telah dikeringkan dengan cara dianginkan. Untuk pemakaian juga sangat mudah, bisa dengan diminum. Caranya rebus herba segar sebanyak 15 hingga 30 gram atau juga sebanyak 30-60 gram, jika sudah minum air rebusan dari herba segar tersebut.

Cara konsumsi lain bisa dengan menumbuk herba segar, kemudian peras. Air yang terkumpul dari perasan tersebut kemudian diminum. Untuk penggunaan luar, bisa dengan mencuci herba segar lalu giling sampai halus. Bubuhkan bahan ini pada bagian tubuh yang terluka, lalu balut dengan gilingan herba segar tadi.

Jenis Ramuan Meniran

  • Mengatasi Badan Bengkak Akibat Radang Ginjal

Caranya, cuci hingga bersih meniran segar sebanyak 50 gram, rebus bahan tersebut dalam tiga gelas hingga menyisakan satu setengah gelas. Tunggu hingga dingin, setelah itu saring dan minum masing-masing setengah gelas, konsumsi setiap pagi, siang dan malam.

  • Mengatasi Batu Saluran Kencing

Caranya, cuci hingga bersih meniran sebanyak 30 gram bersama dengan daun sendok dan tempuyung. Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan empat gelas air, hingga tersisa dua gelas. Tunggu sampai dingin, kemudian saring dan minum masing-masing satu gelas pada pagi dan sore.

  • Mengatasi Nyeri saat Kencing

Caranya, siapkan meniran kering sebanyak 30 hingga 60 gram, rebus meniran kering tersebut dengan menggunakan tiga gelas hingga menjadi satu gelas. Sama seperti yang sebelumnya, tunggu hingga dingin, kemudian saring lalu konsumsi.

  • Mengatasi Hepatitis

Caranya, cuci bersih meniran sebanyak 30 hingga 60 gram, lalu rebus bahan tersebut menggunakan tiga gelas hingga menjadi satu gelas. Tunggu hingga dingin, saring rebusan tadi dan minum sekaligus. Konsumsi rebusan air ini secara teratur selama satu minggu.

  • Mengatasi Rabun Senja

Caranya, sediakan meniran sebanyak 15 hingga 20 gram lalu cuci bersih. Setelah itu ditim dengan menggunakan dua hati ayam. Sama seperti cara yang lain, tunggu rebusan kedua bahan tersebut hingga dingin. Namun, jangan langsung dikonsumsi bersamaan, makan hatinya terlebih dahulu lalu minum air rebusan tadi.

  • Mengatasi Rematik Gout

Caranya, pakai satu sendok makan daun meniran segar dan baru saja dicuci bersih, siapkan pula tujuh lembar daun kumis, cuci beberapa bahan tersebut sampai bersih. Kemudian rebus bahan tersebut memakai air sebanyak satu gelas, rebus hingga tersisa air menjadi setengah gelas. Konsumsi setelah dingin, namun perlu disaring terlebih dahulu.

Manfaat meniran hijau atau tanaman yang dikenal dengan nama latin Phyllanthus niruvival ini, memiliki senyawa Flavon, Hypophyllanyhin, Nirathin, Nirteralli. Kandungan banyak tersebut menjadikan daun meniran memiliki khasiat yang bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan manusia, bahkan untuk mencegah timbulnya penyakit.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*