5 Langkah Teknik Renang Gaya Bebas yang Sempurna

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak disukai orang, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Terlebih lagi bagi anak-anak, mereka sangat menyukai apapun kegiatan yang melibatkan air dalam aktivitasnya, salah satunya berenang. 

renang gaya bebas

Sedini mungkin, umumnya orang tua akan mengajarkan Si Kecil untuk dapat berenang dan teknik renang gaya bebas merupakan salah satu gaya yang paling sering digunakan dan diajarkan. Berikut ada beberapa cara berenang dengan gaya bebas dengan teknik yang sempurna. 

Gaya bebas dengan teknik yang sempurna

Salah satu teknik renang gaya bebas menjadi yang paling disukai di hampir seluruh dunia, dan merupakan keterampilan penting yang harus diperhatikan oleh semua perenang. Umumnya, setiap perenang memiliki setidaknya satu elemen gaya bebas mereka yang dapat disempurnakan dan ditingkatkan. Nah, berikut beberapa cara gaya bebas dengan teknik yang sempurna. 

  1. Penentuan posisi tubuh

Bagian terpenting dari berenag adalah konsep perampingan. Hal ini adalah saat tubuh Anda dibuat sesempit mungkin, bergerak melalui air sehingga Anda akan mengurangi hambatan yang dimiliki. 

  • Posisi kepala. Penempatan kepala dan pandangan mata sangat penting. Saat Anda berenang gaya bebas, cobalah untuk melihat ke bawah dan fokuskan mata Anda ke dasar kolam. Leher dan kepala Anda harus dalam posisi netral, tepat di atas bahu Anda. anda tidak boleh mengangkat kepala atau mata ke depan. Menjaga mata Anda tetap fokus pada dasar kolam akan membuat kaki Anda lebih tinggi di dalam air, sehingga lebih mudah untuk bergerak di dalam air. 
  • Posisi pinggul. Jika Anda memiliki posisi kepala netral dengan mata berfokus ke bawah, pinggul Anda akan secara alami terangkat, sehingga lebih mudah untuk menendang. Cobalah untuk memfokuskan tubuh bagian atas Anda lebih rendah di dalam air, yang akan membuat pinggul Anda lebih tinggi di dalam air. Tambahkan tendangan mengepak yang pendek dan kuat, dan kaki Anda akan berada tepat di atas permukaan air. 
  1. Tangkapan

Tangkapan atau catch mengacu pada lengan Anda yang menarik saat tubuh sedang bergerak maju. 

  • Ujung jari. Tangan harus dalam posisi menangkup yang rapat, dengan jari-jari saling menempel agar air tidak mengalir. Tangkupkan (agak menutup ke dalam) tangan Anda dalam posisi yang bisa menahan sedikit air di telapak tangan Anda. mereka seharusnya tidak rata sempurna, tetapi juga tidak terlalu melengkung, atau tangan Anda tidak akan meluncur dengan mudah dalam air. 

Ujung jari harus memasuki air sekitar 12-18 inci di depan bahu Anda pada sudur 45 derajat ke air. Sednagkan jari tengah Anda harus masuk ke dalam air terlebih dahulu, diikuti dengan perpanjangan jangkauan melalui bahu dan lengan Anda. setelah bahu Anda terulur sepenuhnya, dada Anda akan terbuka ke samping, dan kepala Anda tetap dalam posisi menunduk. Ini adalah awal tangkapan Anda, di mana Anda akan mulai menarik air dengan tangan yang penuh. 

  • Early Vertical Forearm atau EVF. Setelah lengan Anda sepenuhnya terentang, Anda akan menjangkau ujung jari Anda ke arah dasar kolam, mencoba untuk menjaga lengan Anda tetap vertical mungkin, sehingga berfungsi sebagai pemukul, menarik banyak air ke belakang saat Anda bergerak maju. 

Setelah lengan membungkuk ke suku, Anda aka mulai menarik. Anda akan menarik lurus ke bawah di sepanjang sisi tubuh dengan tetap menangkup tangan Anda, saat siku Anda menjulur ke pinggul. Usahakan untuk tidak menyilangkan lengan di sepanjang bagian tengan tubuh Anda, karena ini akan menyebabkan Anda tidak bergerak dalam garis lurus. 

  1. Rotasi
  • Pinggul dan bahu. Setiap kali Anda melakuka pukulan, Anda harus menjaga kepala tetap di tempatnya, dan menggunakan pinggul untuk memutar ke kanan dan kiri. Pinggul akan memulai pergerakan, dan bahu pun akan mengikuti. Cobalah untuk fokus untuk memutar tubuh Anda daripada melakukan putaran bahu. 
  1. Bernapas

Posisi dan rotasi kepala. Bagian terpenting dari pernapasan dalam gaya bebas adalah menjaga posisi kepala tetap netral. Saat bernapas, Anda harus melakukan pukulan dengan satu tangan dan saat Anda mengulurkan tangan akan melihat seluruh tubuh bagian atas berputar ke samping. 

Kepala dan leher Anda harus mengikuti momentum yang sama, dan bergerak pada saat yang sama saat dada Anda terbuka. Kepala dan leher akan tetap bergerak bersama ke samping, dan menjaga satu mata tetap di bawah air serta membuka mulut untuk bernapas. Garis air pun harus berada di tengah wajah Anda saat Anda berputar. 

  1. Menendang
  • Tetap sederhana. Masalah yang sering kali dialami pemula, adalah menendang terlalu banyak dan terlalu besar. Hal tersebut merupakan cara paling mudah untuk merusak posisi tubuh Anda dan benar-benar membuat Anda lambat. Untuk pemula, posisi tubuh, pernapasan, dan lengan Anda akan jauh lebih penting serta tendangan harus difokuskan hanya dengan memutar tubuh Anda. 
  • Tenangan pendek dan cepat dari pinggul. Dalam teknik renang gaya bebas, Anda akan menggunakan tendangan flutter. Usahakan agar kaki nyaris lurus, dengan tendangan ringan yang benar-benar hanya bergerak dari lutut ke jari kaki. Kekuatan berasal dari pinggul Anda. Saat Anda bergerak di dalam air, kaki harus menendang dengan gerakan pendek dan cepat. Cobalah untuk tidak terlalu banyak menekuk lutut. Tendangan yang lebih besar dengan tinggi lebih dari 12 inci akan memakan lebih banyak energi dan akan merusak posisi perampingan Anda saat melakukan teknik renang gaya bebas ini. 
Hidup Sehat Read More

Tak Perlu Cemas, Begini Cara Menghilangkan Uban

Seringkali, rambut putih atau uban identik dengan usia yang sudah tua. Tapi, tak sedikit generasi muda yang juga mengalami pertumbuhan uban. Bila Anda salah satunya, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan cara menghilangkan uban secara khusus. 

Pada dasarnya, kemunculan rambut putih adalah suatu kondisi yang wajar. Perubahan warna rambut pasti akan terjadi pada semua orang seiring dengan bertambahnya usia. Tidak ada waktu pasti bagi setiap orang untuk mengalami pertumbuhan uban pertama kali. Uban bisa muncul di usia berapa saja, bahkan pada remaja sekalipun.

Cara menghilangkan uban secara alami

Beberapa orang berpikiran bahwa mencabut uban bisa mengatasi pertumbuhan uban yang semakin banyak. Padahal, hal itu hanya akan merusak kondisi rambut dan kulit kepala Anda.

Sebaiknya, cobalah menggunakan cara menghilangkan uban secara alami seperti berikut: 

  • Teh

Salah satu cara menghilangkan uban yang paling populer adalah dengan menggunakan teh. Secara khusus, Anda harus menggunakan teh hitam atau black tea untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh hitam mampu mendorong kinerja melanin dan keratin yang berperan dalam mengembalikan pigmen alami rambut Anda. Ditambah lagi, teh hitam juga kaya akan kandungan tanin yang berfungsi untuk menghentikan produksi hormon penyebab kerontokan rambut.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menambahkan 2 helai daun teh ke dalam air mendidih. Tambahkan juga satu sendok teh garam. Kemudian, biarkan sampai semuanya larut selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu, Anda bisa melihat bahwa air yang berwarna bening secara perlahan berubah menjadi hitam. Dinginkan larutan kemudian tuangkan ke rambut. Gunakan larutan tersebut sebagai masker selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

  • Bawang bombay

Bawang bombay juga bisa digunakan sebagai formula alami untuk mengatasi uban. Secara khusus, Anda hanya perlu memanfaatkan cairan atau jus dari bawang bombay untuk menghilangkan uban di rambut. 

Di dalam setiap bawang bombang terdapat kandungan yang mendukung pertumbuhan rambut. Kandungan ini juga meningkatkan produksi enzim katalase yang berfungsi untuk menghitamkan rambut.

Untuk bisa memakainya, pertama-tama jus bawang bombay terlebih dahulu. Kemudian, campurkan 2-3 sendok teh jus tersebut dengan 1 sendok teh air lemon dan 1 sendok teh minyak zaitun.

Setelah semua bahan tercampur dengan rata, oleskan larutan tersebut ke kulit kepala. Pijat pelan kulit kepala Anda. Biarkan selama kurang lebih setengah jam lalu bilas sampai bersih. 

  • Minyak almond dan jus lemon

Minyak almond dikenal kaya akan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi rambut. Minyak ini mampu menutrisi rambut sampai ke akarnya dan mencegah pertumbuhan uban yang terlalu cepat. 

Kemudian, jus lemon memiliki manfaat untuk menambah kilau dan volume pada rambut. Selain itu, lemon juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. 

Cara menghilangkan uban dengan minyak almond dan jus lemon dapat dilakukan dengan mencampurkan keduanya menggunakan perbandingan 2:3. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan pijat secara perlahan. 

Almond dan lemon merupakan bahan yang cukup mudah didapatkan. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan uban dengan cara alami melalui bahan-bahan yang mudah didapatkan dan terjangkau. 

Itulah beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Selain bahan yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengatasi uban.

Hidup Sehat Read More

Selain untuk Masak, Benarkan Minyak Kelapa Sawit Baik Bagi Kulit?

Minyak kelapa sawit sering kali digunakan sebagai bahan masakan. Namun, benarkah jika minyak tersebut juga bisa digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut Anda? Jenis minyak dari kelapa sawit ini termasuk minyak yang mudah di dapat dan harganya pun sangat terjangkau. 

minyak kelapa sawit

Minyak dari kelapa sawit ini menjadi minyak yang digunakan untuk menggoreng semua bahan makanan rumah tangga. Tetapi, pernahkan Anda mencoba minyak ini untuk kecantikan? 

Apa itu minyak kelapa sawit?

Menurut American palm oil council, minyak sawit telah dikonsumsi selama lebih dari 5000 tahun. Banyak sekali manfaat yang terkandung pada minyak tersebut. Minyak sawit yang telah diolah atau disuling akan menjadi tidak berawarna atau biasa disebut sebagai minyak sawit putih, yang kurang memiliki nutrisi. 

Namun, minyak kelapa sawit merah, dapat digunakan untuk memasak, melembabkan kulit, sebagai bahan bakar nabati, sebagai lotion tabir surya, untuk meningkatkan rasa, produk perawatan pribadi dan sebagai suplemen makanan. 

Jangan tertukar dengan minyak inti sawit yang digunakan untuk memasak yang berasal dari biji inti sawit, sedangkan minyak sawit merah diekstrak dari buah sawit. 

Manfaat minyak kelapa sawit untuk kulit dan rambut

Karena kaya akan nutrisi dan keseimbangan antara asam lemak jenuh dan tak jenuh tunggal, minyak sawit dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Namun, kali ini akan kita bahas mandaat dari minyak sawit merah untuk kulit Anda. 

  • Melembabkan kulit kering dan sensitif. Sebagian besar gangguan kulit seperti eksim, psoriasis dan stretch mark dapat dicegah dengan menghidrasi kulit Anda. Nah, minyak sawit ini dapat mengembalikan kelembapan alami yang hilang pada kulit dan rambut Anda.
  • Asam oleat. Menurut sebuah penelitian, minyak sawit merah mengandung 50% lemak jenuh yang mayoritas mengandung asam oleat. Hal itu bisa menjaga kelembapan kulit Anda.
  • Aktivitas antioksidan yang terdapat pada minyak sawit dapat membantu menggagalkan radiasi bebas yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menunda kerutan dan melindungi membran sel.
  • vitamin A dan E yang terdapat pada minyak tropis ini dapat menyehatkan kulit dan kulit kepala yang kering.
  • Kemampuan antibakteri pada pada minyak sawit dapat menahan bakteri penyebab infeksi dan mencegah munculnya jerawat.
  • Vitamin A dan karoten yang dikemas dalam minyak ini akan meresap jauh ke dalam kulit untuk meningkatkan elastisitas kulit.
  • Melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Gunakan minyak sawit topikal untuk kulit yang berfungsi sebagai tabir surya dengan SPF15.
  • Sifat pembersih minyak ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel mati yang menumpuk pada kulit dan rambut.
  • Konsentrasi vitamin E yang terdapat pada minyak akan meningkatkan fungsi keseluruhan kulit, rambut, dan otak. Tocotrienol, merupakan salah satu bentuk vitamin E yang terkandung di dalam sait merah akan membantu melancarkan peredaran darah, menyembuhkan luka bakar ringan, menghindari keriput, regenerasi sel, dan mencerahkan kulit dari bekas flek hitam. 

Untuk menggunakan minyak kelapa sawit merah pada rambut, Anda hanya perlu mengambil sedikit minyak sawit untuk dioleskan pada ujung rambut hingga akar. Setelah semua rata, biarkan selama 10-15 menit. Lalu mandi dan cuci rambut seperti biasa. Lakukan selama beberapa kali selama du aminggu, untuk melihat reaksi dari minyak sawit tersebut. 

Pun, sama untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa sawit merah untuk kulit Anda, cukup mengoleskan minyak sawit merah tersebut pada kulit dan kulit kepala lalu pijat. Selain itu, Anda pun harus menjalani pola hidup sehat dengan minum cukup air, mengonsumsi makanan kaya vitamin dan rutin berolahraga. 

Hidup Sehat Read More

Beli Obat di Apotek BPJS, Apa Saja Keuntungannya?

Semakin berkembangnya dunai digital tentu sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses apapun yang kita butuhkan, salah satunya saat ingin berbelanja obat secara online. Di era serba digital ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS pun ikut berkembang dengan memberikan layanan beli obat di apotek BPJS bagi pesertanya.

Selain karena perkembangan teknologi, hal ini pun dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat ataupun peserta BPJS yang ingin menggunakan BPJS kesehatan untuk berobat. Namun, karena minimnya ketersedian obat di apotek-apotek yang telah bekerjasama dengan BPJS membuat mereka mengurungkan niatnya untuk menggunakan BPJS.

Atas dasar tersebutlah akhirnya BPJS meluncurkan Apotel Online BPJS. Selain tentunya memudahkan, apa saja keuntungan yang bisa didapat ddengan menggunakan layanan apotek online tersebut? Berikut beberapa hal yang lebih menguntungkan peserta BPJS dalam berobat dengan adanya layanan terbaru ini.

Keunggulan  beli obat di apotek BPJS

Banyak sekali keunggulan dan keuntungan yang bisa didapat masyarakat/peserta BPJS maupun tenaga kesehatan yang melayaninya.

  • Mempercepat proses penagihan klaim. Ketika kita melakukan pembelian obat secara online, tentu saja jaminannya adalah kecepatan. Bagaimana tidak, kita tidak perlu lagi datang ke apotek rujukan ataupun rekanan dari BPJS kesehatan untuk mengklaim obat milik Anda. hanya dengan menggunakan gawai milik Anda, obat pun sampai di tangan Anda.
  • Mudah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemebelian atau klaim obat secara online di apotek yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan akan mempermudah Anda dalam bertransaksi.
  • Dapat mencegah potensi fraud pasien selama berbelanja obat
  • Mempercepat pembaharuan harga obat. Nah, hal ini sangat penting sekali. Pembaharuan harga obat adalah hal terpenting dalam melakukan transaksi, meskipun telah diklaim oleh BPJS Kesehatan, namun harga tetaplah penting pada sebuah barang. Dengan apotek online BPJS Kesehatan ini dengan otomatis akan ada pembaharuan harga obat.
  • Mendukung proses verifikasi digital klaim atau Vedika
  • Data utilisasi obat luar paket yang lebih akurat, hal ini tentu akan menghindari adanya kesalahpahaman dalam pembelian obat di luar paket
  • Pelaporan keluhan ketersediaan obat real time dan tidak manual. Hal terpenting lainnya yang menguntungkan Anda sebagai peserta dalah ada tidaknya (ketersediaan) obat yang Anda butuhkan. Dengan adanya apotek online BPJS Kesehatan ini tentu akan sangat membantu sekali.

Diterbitkannya apotek online BPJS ini tentu saja untuk membuat peserta JKN-KIS semakin puas dengan pelayanan yang diberikan oleh BPJS. Dan BPJS pun akan terus mengembangkan dan memperbaiki pelayanannya untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga konsumen pun dapat terlayani dengan baik.

Setelah melakukan pembelian pada apotek online BPJS, maka peserta dapat mengambil obat di apotek mana saja yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jadi, Anda dapat mencari apotek yang paling dekat dengan rumah Anda, dengan catatan apotek tersebut sudah bekerjasama dengan BPJS. Mudah bukan?

Dengan segala kemudahan tersebut, BPJS Kesehatan berharap akan lebih memberikan layanan yang terbaik untuk para peserta. Dan, beli obat di apotek BPJS adalah salah satu fitur terbaru dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan peseta maupun tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan tentunya selalu up date.

Bagaimana menarik bukan untuk menggunakan fitur terbaru yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam mempermudah peserta yang ingin berobat tanpa datang langsung, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini. Selamat mencoba!

Hidup Sehat Read More

Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Diketahui

Terdapat banyak jenis pilihan bagi para wanita ketika akan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, salah satu cara yang kerap kali digunakan adalah dengan minum pil KB. Namun sebelum menggunakan alat kontrasepsi yang ini, sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana cara kerja pil KB pada tubuh dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

minum pil kb

Pil KB merupakan obat untuk mencegah kehamilan dengan dikonsumsi setiap hari, alat kontrasepsi jenis ini mengandung beberapa jenis hormon yang bisa mengubah fungsi tubuh. Beberapa kandungan itulah yang mencegah terjadinya kehamilan. Pil KB terbilang sangat efektif untuk mengendalikan kerja ovarium dan rahim.

Efek Samping Minum Pil KB

Agar menjaga efektivitas yang diberikan, pil KB diharuskan dikonsumsi setiap hari pada waktu yang sama. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama jika seseorang lebih memilih menggunakan pil mini atau pil yang hanya mengandun progesteron saja. Apabila melewatkan jadwal minum pil jenis ini dalam kurung lebih dari 48 jam, segera minum sesuai dosis yang dilewatkan.

Melewatkan satu pil berarti meningkatkan risiko kehamilan, hal ini juga memaksa para perempuan untuk mengginakan kontrasepsi cadangan seperti kondom atau tidak melakukan hubungan seks terlebih dahulu. Cara ini bisa dilakukan setidaknya sampai tujuh hari konsumsi pil KB yang menagandung hormon.

Tidak perlu khawatir jika tang terlewat adalah pil plasebo, melewatkan pil ini tidak meningkatkan peluang seorang perempuan untuk hamil. Pil plasebo dipakai untuk menjaga kebiasaan minum obat sehari-hari, disamping itu meski sebagian besar perempuan mengaku aman dalam mengonsumsi pil KB, tetapi perlu juga mengetahui beberapa efek samping yang ditimbulkan.

Pil KB tetap memiliki beberapa efek samping dan juga risiko bagi para penggunanya, seperti penurunan gairah seks, mual, pendarahan vagina di luar waktu menstruasi dan nyeri pada payudara. Pil KB jenis kombinasi diketahui juga dapat menimbulkan risiko serius yakni pembekuan darah, gangguan kesehatan lain akan muncul jika kondisi ini terjadi.

Diantaranya seperti trombosis vena dalam, serangan jantung, stroke dan emboli paru. Meskipun risiko pembeukan darah akibat konsumsi pil KB tergolong rendah, namun risiko tersebut akan lebih rentan terhadap perempuan yang memiliki kondisi tubuh sangat gemuk, kemudian memiliki tekanan darah tinggi dan beristirahat di tempat tidur dalam waktu lama.

Jenis Pil KB

  • Pil Kombinasi

Pil jenis kombinasi mengandun dua hormon buatan, yaitu estrogen dan progesten di mana keduanya bertugas untuk menghambat kehamilan dengan beberapa cara. Seperti mencegah pelepasan sel telr agar tidak terjadi pembuahan, lalu membuat perubahan lendir para dinding rahim agar sulit ditembus sperma.

Hingga mengubah lapisan dinding rahim agar tidak ada sel telur terbuahi yang dapat berkembang di dalamnya. Pada umumnya, banyak pil kombinasi yang juga disertai pil plasebo atau pil kosong yang tidak berisi kandungan aktif.

  • Pil Mini

Merupakan jenis pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja, minum pil KB jenis ini biasanya dilakukan oleh para perempuan jika tidak cocok menggunakan pil yang mengandung estrogen. Fungsi pil ini adalah mencegah kehamilan dengan cara memperlambat perkembangan sel telur, mengentalkan lendir serviks dan membuat lapisan dinding rahim menjadi tipis. Beberapa fungsi di atas tentunya sangat berguna dalam mencegah sperma mencapai sel telur, dalam beberapa kasus pil mini bahkan mampu menekan ovlasi. Ketika memilih pil mini, tidak akan disertakan pil plasebo karena memang hanya ada pil aktif saja, hal inilah yang membuat

Hidup Sehat Read More

5 Manfaat Lidah Buaya yang Luar Biasa

Lidah buaya memiliki manfaat yang sangat banyak sekali dan luar biasa. Salah satu manfaat lidah buaya yang sangat populer adalah melembabkan. Banyak orang yang telah menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan dan melembutkan kulit atau bagian tubuh lainnya.

manfaat lidah buaya

Lidah buaya pun telah lama menjadi pengobatan tradisional untuk banyak penyakit, termasuk sembelit dan penyakit kulit. Banyak sekali penelitian tentang manfaat dari liah buaya. Oleh karena itu, kini banyak sekali suplemen atau gel yang mengandung lidah buaya. Nah, berikut beberapa manfaat dari lidah buaya yang sangat luar biasa.

  1. Pencahar alami

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai obat pencahar yang alami. Sejumlah penelitian telah melihat bahwa lidah buaya dapat meredakan sembelit. The Mayo Clinic merekomendasikan lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan sembelit dengan dosis 0,04 hingga 0.17 gram lidah buaya yang dibuat jus.

Namun, jika Anda menderita penyakit kolitis atau wasir tidak disarankan untuk mengonsumsi lidah buaya. Karena bisa menyebabkan kram perut yang parah serta diare. Selain itu, Anda pun harus berhenti mengonsumsi lidah buaya jika Anda sedang mengonsumsi obat lain. Pasalnya, lidah buaya dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap obat.

  • Perawatan kulit

Umumnya banyak yang menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit. Hal ini memang memang menjadi manfaat utama dari lidah buaya yang menjaga kulit tetap bersih, lembab dan terhidrasi. Selain itu, manfaat lidah buaya lainnya untuk kulit dapat merawat, melakukan pengelupasan, memulihkan, hingga memberikan nutrisi yang baik bagi kulit manusia.

Pun lidah buaya dapat menjadi ramuan ajaib yang dapat mengobati luka kecil, kulit kering hingga luka bakar yang parah. Lidah buaya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah tubuh. Karena sifatnya yang menghidrasi, lidah buaya dapat bekerja sebagai pendingin yang baik dan menenangkan kulit. Lidah buaya sendiri kayak akan vitamin C, E dan beta karoten yang memberikan kualitas gizi yang baik serta anti penuaan.

  • Sebagai obat kumur

Manfaat lidah buaya lainnya adalah sebagai obat kumur. Di mana lidah buaya dapat membunuh bakteri dalam mulut, sehingga memberikan napas yang lebih segar. Tidak hanya itu, tamanan ini pun terbukti dapat melawan sariawan, maag, infeksi gusi serta iritasi pada mulut.

Selain itu, antioksidan yang kuat dalam lidah buaya dapat membantu mencegah kerusakan sel. Pada sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan oleh Journal of Health Sciences, para peneliti menemukan ekstrak lidah buaya yang dapat menjadi alternatif yang aman dan efektif sebagai obat kumur. Bahan alami tanaman ini dapat memblokir plak dalam mulut dan bisa meredakan jika Anda mengalami perdarahan atau gusi bengkak.

  • Menurunkan gula darah

Menurut sebuah penelitian di Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus liah buaya per harinya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini bisa berarti bahwa lidah buaya mungkin di masa depan bisa menjadi obat dalam pengobatan diabetes.

Namun, jika penderita diabetes mengonsumsi jus lidah buaya yang dijual di pasaran perlu memperhatikan kandungan gula yang terdapat pada jus tersebut. Terlebih lagi bagi Anda yang mengonsumsi obat penurun glukosa. Pasalnya, mengonsumsi jus bersama dengan obat diabetes mungkin bisa menurunkan jumlah glukosa ke tingkat yang berbahaya. Jadi, tetap berhati-hati, ya.

  • Perawatan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut pun tidak kalah luar biasa. Lidah buaya yang kaya akan mineral, vitamin dan asam amino esensial dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda, menghidrasi kulit kepala, serta megnhilangkan ketombe. Anda cukup mengoleskan tanaman lidah buaya yang telah dikupas langsung ke kulit kepala. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan sampo dan air mengalir. Lakukan secara rutin untuk membuat rambut lebih cantik dan segar. Meskipun banyak sekali manfaat lidah buaya yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi, Anda harus tetap mengonsultasikan dengan dokter jika Anda berencana untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat, terutama obat minum.

Hidup Sehat Read More

Cara Membuat Susu Almond Sesuai Selera

Susu almond terbuat dari kacang almond bubuk dan air tetapi dapat mengandung bahan lain tergantung pada jenisnya. Kebanyakan orang membeli susu almond, tetapi ternyata cara membuat susu almond termasuk mudah.

Susu almond adalah minuman nabati yang terbuat dari almond yang disaring dan air. Produk ini secara alami bebas susu dan laktosa, menjadikannya pilihan yang baik bagi Anda yang menghindari produk susu.

Selain cara membuatnya mudah, susu almond yang Anda buat sendiri memiliki kelebihan lainnya. Karena memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah rasa manis dan memiliki rasa serta mengeksplorasi teksturnya. Selain itu, cara membuatnya sangat mudah, hanya membutuhkan 2 bahan, sedikit waktu dan blender.

Berikut cara membuat susu almond buatan sendiri:

  1. Sebelum dimulai, Anda perlu merendam almond semalaman dalam air dingin.
  2. Air kemudian dikeringkan dan almond ditambahkan ke blender bersama dengan air tawar, garam, dan tambahan lainnya (seperti kurma untuk rasa manis atau vanila, bubuk kakao, atau beri untuk variasi rasa).
  3. Setelah diblender selama 1-2 menit, susu dituangkan ke kantong susu atau kain lalu diperas untuk mengekstrak semua cairan.

Berapa lama susu almond dapat bertahan tergantung pada berbagai faktor seperti seberapa baik Anda mensterilkan peralatan, kesegaran bahan, dan suhu lemari es Anda.

Rata-rata, susu almond buatan sendiri bertahan 4 sampai 5 hari. Jika susu almond menjadi asam sebelum itu, pastikan untuk mensterilkan peralatan Anda sepenuhnya sebelum digunakan dengan mengalirkannya melalui mesin pencuci piring atau menuangkan air mendidih ke dalam toples Anda (pastikan toples tidak terlalu dingin saat Anda melakukan ini atau bisa pecah). Selain itu, pastikan untuk merendam almond Anda semalaman di lemari es, bukan pada suhu ruang.

Sebagian besar supermarket menawarkan berbagai susu almond. Namun, beberapa produk menggunakan pemanis tambahan atau buatan untuk produk mereka.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu almond, pilih susu almond yang tanpa pemanis, tanpa rasa, dan diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Selain lebih sehat, cara membuat susu almond sendiri pun mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai bahan-bahan pengawet lainnya.

Hidup Sehat Read More

Benarkah Suplemen Kreatin Efektif Meningkatkan Massa Otot? SImak Faktanya Berikut

Sudah pernah mendengar tentang kreatin? Senyawa alami yang terdapat dalam otot ini biasanya dibuat dalam bentuk suplemen dan seringkali dikonsumsi untuk membantu menambah energi otot bagi para bodybuilder. Sebanyak 95% kreatin tubuh tersimpan di dalam otot dalam bentuk fosfokreatin. Sisa 5% dari kreatin tersebut disimpan pada otak, hati, dan ginjal.

suplemen kreatin

Ketika seorang bodybuilder melakukan latihan fisik secara intens, ia juga mengonsumsi suplemen sebagai penunjang aktivitas latihannya. Suplemen yang umumnya dikonsumsi, yaitu kreatin atau creatine yang dipercaya dapat membantu memberikan energi lebih bagi tubuh.

Suplemen kreatin umumnya dibuat dari asam amino glisin dan arginin. Pada dasarnya, memang struktur kimia kreatin ini serupa dengan asam amino.

Cek manfaat suplemen kreatin

Dikarenakan banyak orang mengonsumsi suplemen kreatin, para peneliti pun banyak melakukan penelitian seputar manfaat kreatin bagi tubuh. Di bawah ini, terdapat beberapa hasil penelitian yang mendukung fakta bahwa suplemen kreatin dapat bermanfaat bagi proses latihan fisik.

  • Menunjang performa latihan fisik dengan intensitas tinggi

ATP (adenosine triphosphate)atau yang juga dikenal sebagai satuan pertukaran energi, dapat diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak jika didukung oleh konsumsi suplemen kreatin. Dengan begitu, performa seseorang ketika melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi, juga dapat ditunjang dengan baik.

Di samping itu, kreatin juga dapat berpengaruh terhadap faktor latihan lainnya, seperti kekuatan fisik, kekuatan balistik, massa dan kinerja otak, daya tahan otak, resistensi terhadap kelelahan, hingga kemampuan berlari dan pemulihan.

  • Memproduksi lebih banyak energi pada sel otot

Berdasarkan sebuah penelitian, diungkapkan bahwa suplemen kreatin dapat membantu peningkatan proses penyimpanan fosfokreatin pada otot. Dengan begitu, fosfokreatin dapat meningkatkan produksi molekul tinggi energi atau yang disebut dengan ATP tadi. Kadar ATP yang tinggi dapat menunjang performa latihan secara lebih baik.

  • Memperlancar pertumbuhan otot

Tidak hanya bermanfaat untuk produksi energi lebih banyak, suplemen kreatin juga dipercaya dapat secara efektif mendukung pertumbuhan otot jangka pendek dan panjang.

Manfaat ini tidak hanya didapatkan oleh bodybuilder, namun juga berbagai kelompok, termasuk kelompok lansia, kelompok gaya hidup sedentary, dan atlet.

Di saat yang bersamaan, suplemen kreatin juga dapat memproduksi kadar air dalam otot lebih banyak. Proses ini dikenal dengan volumisasi sel yang dapat memperbesar ukuran otot. Hal ini menegaskan fakta bahwa suplemen kreatin secara efektif dapat meningkatkan massa otot manusia.

  • Mencegah rasa lelah berlebih

Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of International Society of Sports Nutrition, disebutkan bahwa kreatin dapat secara efektif mengurangi rasa lelah berlebih pada atlet yang melakukan tes sepeda.

Hal ini berarti, suplemen kreatin dapat mencegah seseorang dari kondisi kelelahan drastis setelah secara intens melakukan latihan fisik.

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi kreatin sebagai penunjang performa Anda, maka usahakan untuk melakukan konsultasi dengan ahli gizi maupun dokter pribadi Anda. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kemungkinan efek samping tertentu yang dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda.

Hidup Sehat Read More

Tips Senam Rematik Mudah untuk Atasi Nyeri Sendi

Penderita rematik seringkali menghindari olahraga karena takut pada rasa nyeri sendi yang semakin memburuk. Padahal, olahraga dan senam rematik merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat rematik. Aktivitas ini bisa membantu untuk memperkuat otot serta meningkatkan fleksibilitas yang mendukung fungsi sendi.

senam rematik

Meski awalnya terasa menyeramkan, olahraga secara teratur dan rutin bisa membantu Anda untuk mengatasi gejala rematik yang dialami. Menurut penelitian, penderita rematik yang rutin melakukan senam dan olahraga lebih sedikit merasakan nyeri pada sendi.

Tips senam dan olahraga bagi penderita rematik

Olahraga dan senam terbukti mampu mengatasi gejala nyeri pada sendi. Oleh sebab itu, lakukanlah olahraga secara teratur demi meningkatkan kondisi kesehatan sendi Anda. Simaklah tips senam rematik mudah berikut ini.

  • Yoga

Salah satu model senam rematik yang bisa Anda coba adalah yoga. Dalam yoga, Anda akan dipandu untuk melakukan berbagai gerakan yang mendukung fleksibilitas dan rentang gerak, serta mengurangi stres.

Olahraga yoga membimbing Anda pada postur yang menggabungkan pernapasan dengan relaksasi. Kedua hal ini akan membantu untuk meringangkan gejala rematik, seperti nyeri pada sendi.

  • Pilates

Selain pilates, upaya lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala rematik adalah pilates. Pilates merupakan jenis olahraga dengan tingkat aktivitas berdampak rendah untuk menstabilkan sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Otot yang kuat akan mendukung sendi saat sedang digunakan sehingga rasa nyeri yang ditimbulkannya pun berkurang.

Orang-orang yang baru pertama kali melakukan olahraga pilates biasanya memulai prosedur latihan dengan menggunakan tikar. Pada proses ini, Anda akan dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan yang bisa memperbaiki postur sekaligus meredaka nyeri sendi.

  • Peregangan

Senam peregangan merupakan salah satu upaya senam rematik untuk mengatasi nyeri pada sendi. Pada peregangan, seluruh otot tubuh dilibatkan untuk berlatih, mulai dari otot lengan, punggung, betis, sampai otot paha.

Peregangan yang dilakukan dengan tepat bisa meningkatkan fleksibilitas serta mengurangi kaku pada otot dan sendi. Aktivitas ini dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, khususnya pada pagi hari. Bagi setiap penderita rematik, peregangan bisa disesuaikan pada area-area yang terdampak.

  • Olahraga air

Olahraga air tidak termasuk ke dalam jenis senam rematik, tetapi terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi kondisi rematik. Secara umum, air membantu Anda untuk mengontrol berat badan, sehingga melakukan olahraga di air tidak akan memberikan tekanan lebih pada sendi dan otot Anda.

Ada berbagai jenis olahraga air yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, penderita rematik umumnya melakukan olahraga air berupa renang dan aerobik air. Kedua aktivitas ini dapat mendukung fleksibilitas dan rentang gerak, mengurangi kekakuan pada sendi.

  • Tai Chi

Hampir serupa seperti yoga, tai chi menggabungkan aktivitas pernapasan, postur tubuh, dan meditasi. Aktivitas-aktivitas ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, serta memperluas rentang gerak untuk mengurangi stres.

Tai chi berfokus pada mental dan seni bela diri. Apabila dilakukan secara rutin, tai chi bisa membantu mengurangi nyeri dan rasa kaku pada otot serta sendi. Untuk bisa memulai tai chi, Anda bisa membeli video panduan tanpa harus tergabung dalam kelas khusus. Itulah beberapa rekomendasi aktivitas olahraga dan senam rematik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada sendi. Pilihlah jenis aktivitas yang paling sesuai dengan kemampuan serta kondisi tubuh Anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terjamin, Anda bsia mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hidup Sehat Read More

Jenis Pertolongan Pertama yang Wajib Dikuasai

Kemampuan dan pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada dasarnya harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan seseorang tidak akan tahu peristiwa apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dengan memiliki wawasan mengenai pertolongan yang harus diberikan pertama kali, kondisi buruk bisa ditangani dengan cepat.

Pengetahuan akan hal ini nyatakan hanya dianggap sebagai bagian dari wilayah petugas medis, atau palang merah dan juga para dokter, bahkan hingga saat ini. Padahal, bagi setiap orang pengetahuan ini diperlukan yang bertujuan untuk menghadapi situasi darurat bagi siapa saja yang membutuhkan tindakan ini.

Jenis-jenis Pertolongan Pertama

  • Pertolongan Mengatasi Memar

Dalam kondisi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengompres bagian tubuh yang memar, bisa menggunakan es batu. Usahakan untuk menghindari penggunaan air hangat, memar bisa diakibatkan oleh apa saja, bisa itu benturan, pukulan dan hal lainnya. Munculnya warna biru keunguan di permukaan kulit merupakan akibat dari pembuluh darah yang pecah.

Pembuluh darah yang pecah tersebut akhirnya menggumpal, dengan mengompres menggunakan air es merupakan bentuk pertolongan yang harus dilakukan pertama kali karena bisa mempersempit pembuluh darah yang bocor dan memulihkannya secara perlahan. Selama 48 jam, seseorang harus mengompres bagian tubuh yang memar dalam hitungan waktu 20 menit sekali.

  • Mengatasi Kulit Terbakar

Hal pertama yang harus dilakukan ketika berada dalam kondisi ini adalah mengompres area tubuh yang terbakar, menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air dingin. Usahakan untuk tidak mengoleskan salep dengan kandungan aloe vera dan juga vitamin E. Kondisi kulit terbakar pada umumnya diakibatkan karena tidak sengaja terkena benda atau minyak panas.

Pertolongan ini dilakukan jika seseorang juga mengalami luka bakar yang parah dan mengharuskan untuk menunggu perawat atau ambulans tiba di rumah. Letakkan kain yang sudah dibasahi air dingin sebelumnya dan jangan mengoleskan salep pada luka bakar tersebut untuk menghindari munculnya iritasi pada kulit.

  • Tertusuk Serpihan Benda Asing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil serpihan yang tertancap di kulit, gunakan jarum kecil atau pinset. Usahakan untuk tidak mengabaikan serpihan dan merendam bagian tubuh yang tertancap serpihan ke dalam air. Tindakan pertama sebagai pertolongan harus cepat dilakukan, jika tidak maka akan menyebabkan infeksi.

Semakin lama serpihan benda asing tinggal di dalam kulit, maka semakin besar pula risiko infeksi yang akan muncul. Bisa menggunakan pinset untuk menarik serpihan benda yang tertancap, biasanya berbentuk sangat kecil. Jika tertancap serpihan kayu dan kemudian terkena air, maka bisa membuat kayu menjadi lebih lembut dan susah untuk diambil.

  • Mengatasi Luka Akibat Sayatan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bagian tubuh yang terluka, bisa dengan menggunakan sabun serta air mengalir, tetapi jangan sekali-kali menggunakan alkohol. Hal yang perlu diperhatikan ketika mengatasi luka ini adalah membuat area luka bersih, itulah mengapa harus menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Apabila menggunakan alkohol justru malah membuat seseorang merasakan sensasi yang panas dan muncul rasa terbakar pada luka tersebut. Jika area luka sudah dibersihkan, untuk langkah lanjutan bisa menggunakan salep antiseptik untuk dioleskan pada luka, setelah itu bagian tersebut ditutup menggunakan perban.

Untuk memastikan pengobatan lanjutan menimbulkan efek maksimal dan mampu segera memulihkan luka, pertolongan pertama harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan anjuran yang berlaku, jika tidak maka pemulihan luka membutuhkan waktu yang lebih lama dan bahkan bisa menimbulkan kondisi parah yang sulit disembuhkan.

Hidup Sehat Read More