Tips Senam Rematik Mudah untuk Atasi Nyeri Sendi

Penderita rematik seringkali menghindari olahraga karena takut pada rasa nyeri sendi yang semakin memburuk. Padahal, olahraga dan senam rematik merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat rematik. Aktivitas ini bisa membantu untuk memperkuat otot serta meningkatkan fleksibilitas yang mendukung fungsi sendi.

senam rematik

Meski awalnya terasa menyeramkan, olahraga secara teratur dan rutin bisa membantu Anda untuk mengatasi gejala rematik yang dialami. Menurut penelitian, penderita rematik yang rutin melakukan senam dan olahraga lebih sedikit merasakan nyeri pada sendi.

Tips senam dan olahraga bagi penderita rematik

Olahraga dan senam terbukti mampu mengatasi gejala nyeri pada sendi. Oleh sebab itu, lakukanlah olahraga secara teratur demi meningkatkan kondisi kesehatan sendi Anda. Simaklah tips senam rematik mudah berikut ini.

  • Yoga

Salah satu model senam rematik yang bisa Anda coba adalah yoga. Dalam yoga, Anda akan dipandu untuk melakukan berbagai gerakan yang mendukung fleksibilitas dan rentang gerak, serta mengurangi stres.

Olahraga yoga membimbing Anda pada postur yang menggabungkan pernapasan dengan relaksasi. Kedua hal ini akan membantu untuk meringangkan gejala rematik, seperti nyeri pada sendi.

  • Pilates

Selain pilates, upaya lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala rematik adalah pilates. Pilates merupakan jenis olahraga dengan tingkat aktivitas berdampak rendah untuk menstabilkan sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Otot yang kuat akan mendukung sendi saat sedang digunakan sehingga rasa nyeri yang ditimbulkannya pun berkurang.

Orang-orang yang baru pertama kali melakukan olahraga pilates biasanya memulai prosedur latihan dengan menggunakan tikar. Pada proses ini, Anda akan dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan yang bisa memperbaiki postur sekaligus meredaka nyeri sendi.

  • Peregangan

Senam peregangan merupakan salah satu upaya senam rematik untuk mengatasi nyeri pada sendi. Pada peregangan, seluruh otot tubuh dilibatkan untuk berlatih, mulai dari otot lengan, punggung, betis, sampai otot paha.

Peregangan yang dilakukan dengan tepat bisa meningkatkan fleksibilitas serta mengurangi kaku pada otot dan sendi. Aktivitas ini dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, khususnya pada pagi hari. Bagi setiap penderita rematik, peregangan bisa disesuaikan pada area-area yang terdampak.

  • Olahraga air

Olahraga air tidak termasuk ke dalam jenis senam rematik, tetapi terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi kondisi rematik. Secara umum, air membantu Anda untuk mengontrol berat badan, sehingga melakukan olahraga di air tidak akan memberikan tekanan lebih pada sendi dan otot Anda.

Ada berbagai jenis olahraga air yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, penderita rematik umumnya melakukan olahraga air berupa renang dan aerobik air. Kedua aktivitas ini dapat mendukung fleksibilitas dan rentang gerak, mengurangi kekakuan pada sendi.

  • Tai Chi

Hampir serupa seperti yoga, tai chi menggabungkan aktivitas pernapasan, postur tubuh, dan meditasi. Aktivitas-aktivitas ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, serta memperluas rentang gerak untuk mengurangi stres.

Tai chi berfokus pada mental dan seni bela diri. Apabila dilakukan secara rutin, tai chi bisa membantu mengurangi nyeri dan rasa kaku pada otot serta sendi. Untuk bisa memulai tai chi, Anda bisa membeli video panduan tanpa harus tergabung dalam kelas khusus. Itulah beberapa rekomendasi aktivitas olahraga dan senam rematik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada sendi. Pilihlah jenis aktivitas yang paling sesuai dengan kemampuan serta kondisi tubuh Anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terjamin, Anda bsia mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hidup Sehat Read More

Jenis Pertolongan Pertama yang Wajib Dikuasai

Kemampuan dan pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada dasarnya harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan seseorang tidak akan tahu peristiwa apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dengan memiliki wawasan mengenai pertolongan yang harus diberikan pertama kali, kondisi buruk bisa ditangani dengan cepat.

Pengetahuan akan hal ini nyatakan hanya dianggap sebagai bagian dari wilayah petugas medis, atau palang merah dan juga para dokter, bahkan hingga saat ini. Padahal, bagi setiap orang pengetahuan ini diperlukan yang bertujuan untuk menghadapi situasi darurat bagi siapa saja yang membutuhkan tindakan ini.

Jenis-jenis Pertolongan Pertama

  • Pertolongan Mengatasi Memar

Dalam kondisi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengompres bagian tubuh yang memar, bisa menggunakan es batu. Usahakan untuk menghindari penggunaan air hangat, memar bisa diakibatkan oleh apa saja, bisa itu benturan, pukulan dan hal lainnya. Munculnya warna biru keunguan di permukaan kulit merupakan akibat dari pembuluh darah yang pecah.

Pembuluh darah yang pecah tersebut akhirnya menggumpal, dengan mengompres menggunakan air es merupakan bentuk pertolongan yang harus dilakukan pertama kali karena bisa mempersempit pembuluh darah yang bocor dan memulihkannya secara perlahan. Selama 48 jam, seseorang harus mengompres bagian tubuh yang memar dalam hitungan waktu 20 menit sekali.

  • Mengatasi Kulit Terbakar

Hal pertama yang harus dilakukan ketika berada dalam kondisi ini adalah mengompres area tubuh yang terbakar, menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air dingin. Usahakan untuk tidak mengoleskan salep dengan kandungan aloe vera dan juga vitamin E. Kondisi kulit terbakar pada umumnya diakibatkan karena tidak sengaja terkena benda atau minyak panas.

Pertolongan ini dilakukan jika seseorang juga mengalami luka bakar yang parah dan mengharuskan untuk menunggu perawat atau ambulans tiba di rumah. Letakkan kain yang sudah dibasahi air dingin sebelumnya dan jangan mengoleskan salep pada luka bakar tersebut untuk menghindari munculnya iritasi pada kulit.

  • Tertusuk Serpihan Benda Asing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil serpihan yang tertancap di kulit, gunakan jarum kecil atau pinset. Usahakan untuk tidak mengabaikan serpihan dan merendam bagian tubuh yang tertancap serpihan ke dalam air. Tindakan pertama sebagai pertolongan harus cepat dilakukan, jika tidak maka akan menyebabkan infeksi.

Semakin lama serpihan benda asing tinggal di dalam kulit, maka semakin besar pula risiko infeksi yang akan muncul. Bisa menggunakan pinset untuk menarik serpihan benda yang tertancap, biasanya berbentuk sangat kecil. Jika tertancap serpihan kayu dan kemudian terkena air, maka bisa membuat kayu menjadi lebih lembut dan susah untuk diambil.

  • Mengatasi Luka Akibat Sayatan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bagian tubuh yang terluka, bisa dengan menggunakan sabun serta air mengalir, tetapi jangan sekali-kali menggunakan alkohol. Hal yang perlu diperhatikan ketika mengatasi luka ini adalah membuat area luka bersih, itulah mengapa harus menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Apabila menggunakan alkohol justru malah membuat seseorang merasakan sensasi yang panas dan muncul rasa terbakar pada luka tersebut. Jika area luka sudah dibersihkan, untuk langkah lanjutan bisa menggunakan salep antiseptik untuk dioleskan pada luka, setelah itu bagian tersebut ditutup menggunakan perban.

Untuk memastikan pengobatan lanjutan menimbulkan efek maksimal dan mampu segera memulihkan luka, pertolongan pertama harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan anjuran yang berlaku, jika tidak maka pemulihan luka membutuhkan waktu yang lebih lama dan bahkan bisa menimbulkan kondisi parah yang sulit disembuhkan.

Hidup Sehat Read More

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Diet Alami, Caranya?

Banyak orang yang sepakat bahwa cara-cara yang alami, termasuk untuk diet, dianggap lebih aman bagi tubuh. Hasil dari cara diet alami memang tidak akan dirasakan secara instan. Namun, dari sisi keamanan lebih baik serta berat badan dapat menjadi ideal untuk jangka waktu yang panjang.

Menerapkan cara diet alami, pada dasarnya mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Sehingga, efeknya bukan hanya berat badan menurun, melainkan tubuh juga menjadi lebih sehat.

Cara diet alami untuk menurunkan berat badan

Dalam menerapkan cara diet alami ini, Anda tidak harus melakukan perubahan yang drastis. Anda dapat mengubah pola makan secara perlahan, sehingga upaya diet ini pun dapat terasa lebih ringan.

1. Menambah asupan protein

Dalam persoalan menurunkan berat badan, protein menjadi salah satu kunci utama. Tubuh akan membakar kalori cukup signifikan saat mengolah protein yang Anda konsumsi. Artinya, semakin banyak protein yang dikonsumsi, pembakaran kalori pun akan semakin tinggi.

Protein juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan pun menurun. Maka, tidak perlu ragu untuk menambahkan sumber protein ke dalam komponen diet harian Anda, seperti daging ayam tanpa lemak.

2. Mengurangi asupan gula

Perlu diketahui, asupan gula berlebih akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Inilah yang menyebabkan berat badan Anda terus naik.

Maka, penting sekali bagi Anda yang ingin menjalani cara diet alami untuk mengurangi asupan gula. Caranya, dapat dimulai dengan mengurangi asupan minuman dalam kemasan atau mencari alternatif pemanis alami selain gula.

3. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Semua orang tentu sudah mengerti bahwa memperbanyak konsumsi sayur dan buah, baik sekali untuk mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan. Pertanyaannya, berapa banyak yang menerapkan hal tersebut dalam keseharian?

Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan cara diet alami, hal ini wajib dilakukan. Sayuran dan buah-buahan memiliki vitamin, mineral, dan kandungan serat yang tinggi, namun rendah kalori. Cocok sekali bagi mereka yang sedang menjalani diet, bukan?

4. Memperbanyak asupan air putih

Manfaat air putih bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bila konsumsi air putih dilakukan sebelum makan, maka air putih juga memberikan efek kenyang dengan nilai kalori nol. Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit.

Usahakan juga untuk meninggalkan berbagai jenis minuman kemasan, dan hanya memenuhi kebutuhan cairan melalui konsumsi air putih.

5. Membatasi asupan karbohidrat

Bagian dari cara diet alami berikutnya adalah mengurangi asupan karbohidrat. Seperti telah disebutkan sebelumnya, gula berlebihan akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Sementara karbohidrat akan diubah menjadi gula dan menambah asupan kadar gula di dalam tubuh.

Hal ini bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Anda dapat mengganti karbohidrat dengan jenis yang lebih sehat, seperti gandum dan nasi merah.

6. Membiasakan sarapan

Tahukah Anda, sarapan merupakan kebiasaan sehat yang dijalani oleh mereka yang berhasil menurunkan berat badan?

Dengan sarapan, Anda akan makan lebih sedikit di siang hari, juga pada jam-jam makan selanjutnya. Namun ingat, pastikan Anda sarapan dengan menu yang sehat.

7. Rutin berolahraga

Cara diet alami tentu tidak akan lepas dari berolahraga secara teratur. Seperti telah diketahui, pola makan yang sehat saja tidak cukup untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Hal tersebut perlu dibarengi dengan olahraga. Dalam hal ini, Anda sebaiknya melakukan olahraga kardio, antara lain jogging, berenang, atau senam aerobik.

Hidup Sehat Read More

Menilik Manfaat Tak Terduga Sparkling Water bagi Kesehatan

Sparkling water berbeda dari soda

Terkadang orang sulit membedakan antara sparkling water dan air soda karena penampilannya yang hampir sama. Sparkling water merupakan air dengan kandungan mineral tinggi, maka sparkling water cenderung memiliki rasa alami tipis seperti manis, sehingga lebih cocok jika dinikmati tanpa campuran perasa lain. 

Walau cita rasanya tak ada bedanya dengan air putih biasa, namun kita dapat mengecap sensasi gelembung pada sparkling water. Selain itu, beberapa sparkling water juga sebenarnya kerap ditambahkan rasa-rasa tertentu, seperti buah-buahan.

Meskipun minuman sparkling water semakin populer, banyak orang yang masih bertanya-tanya: Apakah ada manfaat dari minuman tersebut bagi kesehatan manusia? 

Keuntungan mengonsumsi sparkling water 

  • Sparkling Water Tetap Membuat Tubuh Terhidrasi

Banyak orang berpikir bahwa minum air bersoda atau sparkling water dapat membuat tubuh dehidrasi, tetapi para ahli kesehatan mengatakan ini hanya mitos. Pada kenyataannya minum air berkarbonasi dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Jadi, dengan meminum sparkling water atau air berkarbonat, ada kemungkinan tubuh seseorang merasa kuat dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

Minuman sparkling water menawarkan manfaat yang sama dengan air mineral biasa dan memiliki khasiat yang lebih sehat jika air soda tersebut disaring terlebih dahulu. Air yang disaring dapat menghilangkan senyawa organik, kontaminan, dan bahan kimia berbahaya sehingga dapat dipastikan air yang diminum bersih dan sehat.

Tubuh yang terhidrasi menjadikan kualitas aktivitas, secara fisik maupun mental, jadi lebih baik. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi saat berolahraga. Bahkan sedikit dehidrasi dapat memengaruhi konsentrasi dan suasana hati seseorang. Dehidrasi juga bisa membuat tubuh lebih rentan sakit kepala. 

  • Minum Sparkling Water Dapat Membantu Pencernaan

Jika Anda sering menderita gangguan pencernaan, meminum segelas air karbonasi atau sparkling water mungkin dapat membantu meredakan masalah perut yang sedang dialami. 

Hal ini bisa terjadi karena air karbonat memiliki dampak positif pada pergerakan usus, terutama pada mereka yang mengalami konstipasi. Para peneliti juga percaya bahwa air soda dapat mengurangi keparahan gejala gangguan pencernaan lainnya, seperti sakit perut.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Gastroenterology and Hepatology, pasien yang memiliki kecenderungan untuk pembentukan batu empedu, dispepsia, atau sembelit menunjukkan bahwa terjadi masalah pada kandung empedu mereka. Masalah pencernaan tersebut secara keseluruhan akan membaik setelah minum air karbonasi selama dua minggu. 

  • Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mungkin manfaat kesehatan yang paling signifikan dari minum air berkarbonasi atau sparkling water adalah membantu menurunkan berat badan seseorang. Hal itu terjadi karena sparkling water dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dibandingkan minum air mineral biasa. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa sparkling water memaksa makanan tetap di perut lebih lama, sehingga akan merasa lebih kenyang.

Ketika perut terasa penuh, maka hal tersebut dapat mengurangi selera seseorang untuk makan. Ini dapat mengurangi jumlah makanan ringan dan banyaknya makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, sparkling water berfungsi sebagai “kalori kosong” yang akan mengurangi keinginan Anda untuk makan. Dengan makan lebih sedikit, berat badan akan turun lebih cepat.

  • Mengurangi Tekanan Darah

Ketika mengonsumsi minuman manis, minuman tersebut tidak hanya mengandung banyak gula tetapi juga dapat membuat tubuh dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, darah akan mengental dan benar-benar melambat. Dibutuhkan lebih banyak usaha bagi tubuh untuk memompanya, dan ini meningkatkan tekanan darah seseorang.Seiring waktu, hal ini dapat membahayakan kondisi jantung dan mengakibatkan timbulnya risiko komplikasi kesehatan yang serius. Namun, dengan sparkling water, kita dapat menghindari gula dan mendapatkan cairan yang paling dibutuhkan tubuh. Intinya, Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda dengan meningkatkan kolesterol HDL yang baik, mengurangi kolesterol LDL yang buruk, dan mengatur kadar gula darah.

Hidup Sehat Read More

Gym untuk Pemula: Beberapa Istilah yang Wajib Diketahui

Aktivitas yang dilakukan di dalam gym saat ini tengah populer seturut dengan perubahan pola hidup masyarakat urban. Banyak dari mereka yang mendatangi pusat kebugaran untuk menjaga kondisi tubuhnya. Gimnastik atau fitnes adalah istilah populer untuk aktivitas itu. Jika Anda tertarik dan mulai berpikir mendatangi gym, berikut beberapa hal yang wajib diketahui seputar gym untuk pemula.

  • Mengenal Istilah-istilah Latihan

Dalam aktivitas fitnes terdapat berbagai macam latihan. Sebelum memulai latihan, ada beberapa istilah yang harus diketahui. Panduan gym untuk pemula ini bisa membantu Anda mengenali istilah-istilah tersebut, di antaranya:

  • Pemanasan

Ini adalah cara untuk mempersiapkan tubuh agar tidak kaget atau stress saat mulai latihan. Tubuh bisa dihangatkan secara perlahan melalui gerakan aerobic ringan seperti jogging.

Gerakan pemanasan akan dapat meningkatkan aliran darah yang pada gilirannya dapat memanaskan otot dan persendian. Ini akan sangat baik sebagai pelumas sehingga dapat memangkas risiko cedera.

  • Aerobic atau Latihan Kardiovaskuler

Ini adalah latihan yang cukup berat untuk mempercepat pernapasan dan detak jantung Anda. Yang masuk ke dalam kegiatan ini seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

  • Heart Rate Maksimal

Berapa heart rate maksimal seseorang didasarkan pada usia seseorang tersebut. Perhitungan yang paling umum dilakukan adalah 220 dikurang dengan usia.

  • Stretching (Peregangan)

Jenis latihan ini adalah untuk meningkatkan jangkauan gerak pada sendi. Bertambahnya usia dan ketidak-aktifan seseorang dapat menyebabkan otot, tendon, dan ligament memendek.

  • Latihan Beban, Kekuatan, dan Daya Tahan

Ini adalah kata yang mungkin akan akrab di telinga Anda. Jenis-jenis latihan ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kekuatan dan fungsi otot. Mengangkat beban dan latihan menggunakan resistance band bisa dikatakan sebagai latihan resistensi (daya tahan).

  • Set

Istilah ini akan sering muncul ketika Anda berlatih angkat beban. Set mengacu pada pengulangan latihan yang sama sebanyak beberapa kali. Misalnya, Anda berhasil mengangkat beban sebanyak 10 kali, beristirahat selama beberapa waktu lalu dilanjutkan set kedua juga sebanyak 10 kali.

  • Repetisi

Repetisi dapat dimengerti sebagai “berapa kali Anda dalam melakukan angkatan dalam satu set”. Yang disebutkan 10 kali dalam poin sebelumnya inilah yang disebut dengan repetisi.

  • Pendinginan

Pendinginan ini biasa dilakukan setelah latihan. Biasanya gerakan pada saat pendinginan akan dilakukan tidak seintens pada bagian latihan sebelumnya.

Misalnya Anda baru saja berlari dengan cepat di atas treadmill, kemudian Anda ingin mengakhiri sesi latihan dan menurunkan kecepatan selama beberapa menit sampai detak jantung dan pernapasan melambat.

  • Jenis-Jenis Latihan dalam Aktivitas Gym untuk Pemula

Masing-masing latihan dalam serangkaian aktivitas fitnes memiliki tujuan dan manfaatnya masing-masing. Panduan gym untuk pemula ini bisa membantu Anda menemukan dan menentukan latihan yang tepat bagi tubuh Anda, di antaranya:

  • Latihan Kardio

Latihan kardio bisa dimulai dengan melakukan aktivitas aerobik seperti jogging atau lari. Lakukan selama 20-30 menit secara teratur selama 4-5 minggu dan rasakan perbedaannya.

  • Latihan Kekuatan

Mulailah dengan satu set latihan yang menargetkan kelompok otot utama (bahu, punggung, kaki, dada). Pilihlah beban angkatan yang menurut Anda pas untuk Anda lakukan sebanyak 12 repetisi di setiap setnya.

Untuk meningkatkan volume latihan, maka Anda bisa meningkatkan jumlah beban secara bertahap, menambah jumlah repetisi atau set. Lakukan selama dua kali dalam seminggu untuk masing-masing otot (hindari melatih kelompok otot besar yang sama selama dua hari berturut-turut).

  • Latihan Fleksibilitas

Menurut American College on Exercise, yang direkomendasikan adalah melakukan peregangan statis yang lambat selama 10-30 detik. Lakukan secara rutin 3-7 kali per minggu.

Untuk mempelajari cara berlatih gerakan tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk ditemani personal trainer selama satu atau dua sesi.

  • Latihan Tidak Selalu Harus di Gym

Untuk melakukan aktivitas fitnes tidak selalu harus dilakukan dari pusat kebugaran. Beberapa jenis latihan juga bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berat tubuh sebagai beban.

Latihan dari rumah ini cenderung mengarah ke latihan bodyweight. Seperti; push up, sit up, squat, pull up, atau lunges. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan latihan-latihan macam:

  • Treadmill

Ini adalah salah satu alat fitnes yang baik untuk melatih kardiovaskuler (jantung) Anda. Ketika memulai, Anda disarankan untuk memulai gerakan dengan kecepatan yang rendah selama 30 menit.

  • Beban Ringan

Alat beban ringan yang dimaksud di sini adalah barbell dan dumbbell. Dumbbell sendiri sangat direkomendasikan bagi Anda pelaku gym untuk pemula lantaran dapat mengantar Anda ke latihan angkat beban yang lebih lanjut.

  • Video Latihan

Video tentang latihan juga perlu Anda tambahkan jika ingin berlatih di rumah. Namun sebelum mencontoh gerakan yang ada dalam video, Anda bisa mengulang contoh gerakannya agar lebih memahami gerakan tersebut.

***

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui pelaku gym untuk pemula. Yang terpenting dari itu semua adalah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang yang baru terjun ke dalam aktivitas ini harus disiplin konsisten dalam melakukan beragam aktivitas fitnes tersebut.

Hidup Sehat Read More

Lakukan Tes Tekanan Darah Manual Sendiri di Rumah

Untuk melakukan tes tekanan darah, Anda tidak perlu pergi ke dokter. Kini, Anda bisa mengawasi tekanan darah Anda sendiri di rumah. Hal ini sangat penting terutama apabila dokter Anda merekomendasikan untuk terus memantau tekanan darah secara berkala. Sebelum melakukan tes tekanan darah, perlu diingat bahwa ada faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Misalnya, tekanan darah normal biasanya akan naik sebagai hasil dari stres, merokok, suhu udara yang dingin, latihan atau olahraga, konsumsi kafein, dan obat-obatan tertentu. Cobalah untuk menghindari faktor-faktor tersebut saat Anda hendak melakukan tes tekanan darah. Selain itu, cobalah untuk selalu mengukur tekanan darah dalam waktu yang sama setiap harinya. Dokter mungkin juga ingin Anda memeriksa tekanan darah beberapa kali dalam sehari untuk melihat apakah ada kenaikan atau tidak.

Lakukan hal ini sebelum melakukan tes tekanan darah

Cobalah untuk tempat yang tenang saat Anda melakukan tes tekanan darah. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat Anda harus mendengar suara detak jantung. Selain itu, pastikan Anda berada dalam kondisi yang nyaman dan relaks dengan perut yang kosong (perut yang penuh dan memengaruhi pembacaan tes tekanan darah). Apabila Anda memakai kemeja lengan panjang, gulung bagian lengan atau hindari memakai pakaian yang ketat. Anda juga perlu untuk duduk di kursi (dengan meja di sebelah kursi) selama 5 hingga 10 menit. Lengan harus istirahat dengan nyaman sejajar dengan jantung. Duduk dengan tegak dengan punggung bersandar pada kursi dan luruskan kaki. Istirahatkan lengan Anda pada meja dengan bagian telapak tangan menghadap ke atas.

Prosedur tes tekanan darah

Bagian ini akan membahas cara melakukan tes tekanan darah menggunakan monitor tekanan darah manual.

  • Temukan nadi Anda

Anda bisa menemukan nadi dengan mudah dengan cara menekan jari telunjuk dan jari tengah secara perlahan pada bagian dalam lekukan siku (tempat di mana ateri brachial berada). Apabila Anda kesulitan menemukan nadi, letakkan bagian kepala stetoskop (pada monitor manual).

  • Kencangkan manset

Geser manset ke lengan Anda. Pastikan kepala stetoskop berada di atas arteri apabila Anda menggunakan monitor jenis manual. Untuk mempermudah pengukuran, Anda bisa menandai masnet dengan panah untuk menunjukkan lokasi kepala stetoskop. Bagian bawah manset harus berada di atas lipatan siku sekitar 1 inci. Gunakanlah pengikat kain yang tersedia agar manset pas berada di lengan, namun tidak terlalu kencang. Tempatkan stetoskop di telinga Anda untuk mendapatkan hasil suara yang terbaik.

  • Kembang kempiskan manset

Apabila menggunakan monitor manual, letakkan pengukur tekanan di tangan kiri dan balon karet di tangan kanan. Kembangkan manset dengan menekan balon menggunakan tangan kanan. Anda akan mendengar suara nadi pada stetoskop. Perhatikan pengukur tekanan dan terus kembangkan manset hingag jarum menunjukkan angka 30 mm Hg. Anda tidak akan mendengar nadi di stetoskop. Dengan memerhatikan pengukur tekanan, lepaskan tekanan pad amanset dengan membuka katup aliran udara berlawanan arah jarum jam. Dengarkan dengan saksama detak nadi pertama. Setelah Anda mendengarnya, catat hasil pembacaan pada pengukur tekanan. Pembacaan ini merupakan tekanan sistolik. Teurs biarkan manset kempis perlahan. Dengarkan baik-baik hingga suara hilang. Saat Anda tidak mendengar suara apapun, catat hasil pembacaan. Pembacaan tersebut adalah tekanan diastolic Anda. Ikuti instruksi dokter tentang tes tekanan darah yang Anda lakukan dan seberapa sering Anda harus mengukur tekanan darah. Catat tanggal, waktu, tekanan sistolik dan diatolik.

Hidup Sehat Read More

5 Cara Menghemat Air yang Mudah Sekali Diterapkan

Selama manusia hidup, akan selalu membutuhkan air. Ragam aktivitas esensial, seperti minum, mandi, mencuci, hingga memasak, membutuhkan air. Sayangnya, stok persediaan air kian hari kian menipis. Ditambah lagi dengan adanya pemanasan global. Maka, kita semua perlu memahami cara menghemat air untuk menjaga persediaan air bersih.

Cara mudah menghemat air

Selama ini kita mungkin cukup beruntung karena dapat memperoleh air dengan mudah.

Akibatnya, tanpa disadari kita jadi menyepelekan. Perspektif kita terhadap air tentu akan berbeda, bila kita termasuk masyarakat yang sering mengalami kekeringan. Kita tentu akan memandang air sebagai komoditas yang amat berharga.

Ketiadaan air bukan hanya akan melumpuhkan aktivitas harian, kesehatan juga akan terganggu. Kekurangan air akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Jadi, menjaga persediaan air merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, kita perlu memahami cara menghemat air, diantaranya:

1. Matikan keran bila tidak digunakan

Banyak orang yang  lupa mematikan keran air setelah mencuci wajah, menggosok gigi, atau mencuci tangan. Contoh lain, ada juga yang terbiasa membiarkan air keran menyala saat sedang mencuci tangan, padahal Anda masih menggosok tangan dengan sabun dan  belum mulai membilas tangan. Kebiasaan-kebiasaan ini perlu diubah sebab air jadi terbuang tanpa Anda sadari.

Perlu dibiasakan untuk menyalakan keran air hanya saat dibutuhkan dan segera mematikannya ketika tidak dipakai. Ini merupakan salah satu cara menghemat air yang sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh semua orang, namun cukup banyak yang mengabaikan.

2. Memasak air secukupnya saja

Ada banyak hal-hal kecil yang kadang luput kita perhatikan, jumlah air yang dimasak salah satunya. Pernahkah Anda memasak terlalu banyak air panas untuk teh, kopi, atau mie instan, lalu sisa air tersebut Anda buang? Hal ini ternyata menjadi kebiasaan cukup banyak orang.

Jadi, sebaiknya masak air sesuai kebutuhan saja agar tidak ada yang terbuang. Selain menghemat air, cara ini juga akan membantu menghemat gas atau listrik.

3. Menggunakan cairan pencuci piring secukupnya

Menggunakan cairan pencuci piring terlalu banyak menyebabkan banyak busa sabun yang dihasilkan. Sehingga butuh air lebih banyak pula untuk membilasnya. Maka dari itu, salah satu cara menghemat air yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cairan pencuci piring secukupnya saja, agar air yang dibutuhkan untuk membilas pun hanya sedikit.

4. Perbaiki saluran air yang bocor

Pipa atau keran bocor itu hal yang kadang terjadi. Ketika mendapati hal tersebut, beberapa orang kadang tidak segera memperbaikinya. Kemungkinan karena bocornya hanya berupa tetesan kecil, sehingga tidak dianggap signifikan. Padahal bila tetesan-tetesan tersebut dikumpulkan, jumlahnya menjadi banyak juga.

Oleh sebab itu, bila di rumah Anda terdapat pipa atau keran bocor, sebaiknya segera diperbaiki. Jika belum bisa diperbaiki, tampunglah air yang bocor tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

5. Menghindari mandi berlama-lama

Disadari atau tidak, mandi berlama-lama memiliki potensi untuk menggunakan air lebih banyak dari yang dibutuhkan. Artinya, ada sejumlah air yang terbuang. Upaya sederhana sebagai cara menghemat air adalah menghentikan kebiasan mandi berlama-lama.

Cara lain yang dapat dilakukan, mengganti bak mandi dengan shower yang beraliran rendah. Hal ini akan menurunkan penggunaan air saat mandi.

Cara menghemat air yang disebutkan sebelumnya, tidak sulit untuk diterapkan. Hanya perlu kesadaran dan komitmen untuk menerapkannya. Ingat, kita semua bertanggung jawab untuk menjaga persediaan air bersih.

Hidup Sehat Read More

Inilah Ramuan Meniran Hijau untuk Dapat Manfaatnya

Meniran hijau, walau dianggap gulma, merupakan tumbuhan yang punya banyak manfaat kesehatan.

Salah satu bahan alami yang mampu digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ramuan meniran sudah terbukti secara klinis. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis, dan beberapa penyakit lainnya seperti saluran pernapasan, kencing manis, penyakit kuning hingga diare. Terlebih itu, masih banyak lagi manfaat meniran hijau untuk kesehatan.

Bukti bahwa meniran hijau memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh juga diungkap oleh Kepala Umum Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), Dr. Setiawan Dalimartha. Namun demikian, agar meniran bisa didapatkan khasiatnya harus melalui proses pembuatan terlebih dahulu.

Manfaat Meniran Hijau

Menurut Dr Setiawan Dalimartha, perlu diketahui bahwa bagian meniran hijau yang bisa digunakan adalah herba segar atau yang telah dikeringkan dengan cara dianginkan. Untuk pemakaian juga sangat mudah, bisa dengan diminum. Caranya rebus herba segar sebanyak 15 hingga 30 gram atau juga sebanyak 30-60 gram, jika sudah minum air rebusan dari herba segar tersebut.

Cara konsumsi lain bisa dengan menumbuk herba segar, kemudian peras. Air yang terkumpul dari perasan tersebut kemudian diminum. Untuk penggunaan luar, bisa dengan mencuci herba segar lalu giling sampai halus. Bubuhkan bahan ini pada bagian tubuh yang terluka, lalu balut dengan gilingan herba segar tadi.

Jenis Ramuan Meniran

  • Mengatasi Badan Bengkak Akibat Radang Ginjal

Caranya, cuci hingga bersih meniran segar sebanyak 50 gram, rebus bahan tersebut dalam tiga gelas hingga menyisakan satu setengah gelas. Tunggu hingga dingin, setelah itu saring dan minum masing-masing setengah gelas, konsumsi setiap pagi, siang dan malam.

  • Mengatasi Batu Saluran Kencing

Caranya, cuci hingga bersih meniran sebanyak 30 gram bersama dengan daun sendok dan tempuyung. Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan empat gelas air, hingga tersisa dua gelas. Tunggu sampai dingin, kemudian saring dan minum masing-masing satu gelas pada pagi dan sore.

  • Mengatasi Nyeri saat Kencing

Caranya, siapkan meniran kering sebanyak 30 hingga 60 gram, rebus meniran kering tersebut dengan menggunakan tiga gelas hingga menjadi satu gelas. Sama seperti yang sebelumnya, tunggu hingga dingin, kemudian saring lalu konsumsi.

  • Mengatasi Hepatitis

Caranya, cuci bersih meniran sebanyak 30 hingga 60 gram, lalu rebus bahan tersebut menggunakan tiga gelas hingga menjadi satu gelas. Tunggu hingga dingin, saring rebusan tadi dan minum sekaligus. Konsumsi rebusan air ini secara teratur selama satu minggu.

  • Mengatasi Rabun Senja

Caranya, sediakan meniran sebanyak 15 hingga 20 gram lalu cuci bersih. Setelah itu ditim dengan menggunakan dua hati ayam. Sama seperti cara yang lain, tunggu rebusan kedua bahan tersebut hingga dingin. Namun, jangan langsung dikonsumsi bersamaan, makan hatinya terlebih dahulu lalu minum air rebusan tadi.

  • Mengatasi Rematik Gout

Caranya, pakai satu sendok makan daun meniran segar dan baru saja dicuci bersih, siapkan pula tujuh lembar daun kumis, cuci beberapa bahan tersebut sampai bersih. Kemudian rebus bahan tersebut memakai air sebanyak satu gelas, rebus hingga tersisa air menjadi setengah gelas. Konsumsi setelah dingin, namun perlu disaring terlebih dahulu.

Manfaat meniran hijau atau tanaman yang dikenal dengan nama latin Phyllanthus niruvival ini, memiliki senyawa Flavon, Hypophyllanyhin, Nirathin, Nirteralli. Kandungan banyak tersebut menjadikan daun meniran memiliki khasiat yang bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan manusia, bahkan untuk mencegah timbulnya penyakit.

Hidup Sehat Read More

Memilih Kado Untuk Bayi Yang Tepat

Memilih kado untuk bayi terbilang susah-susah gampang. Kelahiran bayi yang mungil dan lucu menjadi sebuah momen penting yang perlu dirayakan. Tentu Anda ingin merayakan hal tersebut dengan memberinya kado yang tepat. Namun, memilih kado yang tepat untuk bayi, untuk diberikan saat baby shower misalnya, menjadi perkara yang sulit apabila Anda tidak tahu apa yang akan Anda berikan. Saat memilih kado untuk bayi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Apakah Anda ingin memberikan sejenis kado yang “practical” atau kado yang dapat digunakan dalam waktu yang lama, atau kado yang menarik dan penuh arti dan personal. Semuanya kembali pada niat. Kado untuk bayi banyak ditemukan di toko-toko yang menjual peralatan ibu dananak, toko online, dan bahkan Anda bisa membuatnya sendiri, misalnya selimut rajut untuk bayi. Artikel ini akan membahas ide kado apa saja yang bisa Anda berikan untuk bayi.

Ketika kita membicarakan anak-anak, mereka tidak akan pernah tercukupi dalam hal benda-benda penting, seperti popok misalnya. Hal ini berarti benda-benda penting seperti popok, botol minum, bib, dan juga selimut yang nyaman dapat menjadi alternatif yang aman untuk dijadikan kado untuk bayi. Benda-benda penting tersebut juga dapat menjadi kado yang tepat terutama bagi orangtua yang baru pertama kali memiliki anak. Hal ini akan membantu mereka menyiapkan kedatangan sang buah hati di dalam kehidupan mereka.

Selain itu, Anda bisa memberikan orangtua yang akan memiliki bayi hadiah kenang-kenangan. Kelahiran bayi akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi sebuah keluarga. Hal tersebut merupakan sebuah momen yang patut dirayakan dan dikenang. Hadiah kenang-kenangan seperti buku bayi, yang dapat membantu mencatat serta mendokumentasikan momen-momen spesial bayi, akan menjadi sebuah hadiah yang spesial dan tidak terlupakan. Selain itu, selimut pribadi juga dapat menjadi ide yang baik yang akan disukai bayi untuk waktu yang sangat lama hingga ia tumbuh dewasa.

Anda mungkin bisa memberikan hadiah yang penting untuk proses pembelajaran anak. Anak-anak akan terus berkembang. Hal ini berarti anak-anak akan terus belajar hal-hal baru yang dapat mereka pelajari tentang lingkungan di sekitar mereka. Memberikan kado untuk bayi berupa buku tidak hanya akan mendukung serta memperkuat ikatan antara bayi dan orangtua, tetapi juga dapat menstimulasi kreativitas serta menambah pengetahuan anak. Selain itu, buku-buku anak juga merupakan cara yang baik untuk memperkenalkan anak terhadap bahasa dan seni bercerita.

Anda juga memberikan kado untuk bayi yang stylish dan fashionable. Saat mereka tumbuh dewasa nanti, mereka akan mulai sadar pentingnya penampilan dan sebetapa menyenangkannya untuk tampil memikat. Namun yang perlu Anda ingat jika ingin memberikan mereka pakaian atau aksesori tertentu, fungsi melebihi gaya. Contohnya, apabila Anda ingin memberikan pakaian, pastikan untuk memilih ukuran dan jenis pakaian yang tepat dengan suhu dan lingkungan. Anda perlu memberikan pakaian yang hangat saat musim hujan dan pakaian yang sedikit sejuk saat musim kemarau untuk memberikan kenyamanan berlebih bagi bayi yang memakainya. Memberi kado untuk bayi yang tepat merupakan salah satu bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang. Pemberian kado tersebut juga menunjukkan bahwa Anda peduli dan memiliki afeksi tidak hanya untuk bayi saja, tetapi juga keluarga. Untuk itu, pastikan Anda memikirkan kado yang tepat untuk diberikan agar kado tersebut memiliki arti dan kesan yang berkesan.

Hidup Sehat Read More

Apa Saja Manfaat Rosemary Bagi Tubuh Kita?

Rosemary adalah ramuan hijau harum yang berasal dari Mediterania. Biasanya manfaat rosemary digunakan sebagai bumbu dapur, untuk membuat parfum, serta sangat berpotensial untuk kesehatan.

Rosemary termasuk dalam anggota keluarga mint Lamiaceae, bersama dengan banyak tumbuhan lainnya, seperti oregano, thyme, basil, dan lavender.

Daun herb rosemary tidak hanya rasanya enak untuk masakan kuliner, tetapi juga merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B-6 yang baik.

Rosemary biasanya disiapkan dalam bentuk daun kering utuh atau ekstrak bubuk kering, dan produk rosemary mudah ditemukan secara online.

Pada zaman dahulu, rosemary secara tradisional digunakan untuk membantu mengurangi nyeri otot, meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan dan sirkulasi, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Rosemary memiliki berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda, seperti:

  • Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi

Rosemary adalah sumber yang kaya antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, yang dianggap dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa rosemary kaya akan antioksidan, yang memiliki peran penting dalam menetralkan partikel berbahaya yang disebut radikal bebas.

  • Memperbaiki pencernaan Anda

Di negara Eropa, rosemary sering digunakan untuk membantu mengobati gangguan pencernaan. Bahkan, Komisi E Jerman telah menyetujui rosemary untuk pengobatan gangguan pencernaan. Namun, perlu dicatat bahwa saat ini tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim bahwa rosemary dapat memperbaiki pencernaan.

  • Mengatasi rambut rontok

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak rosemary ke kulit kepala Anda sama efektifnya dengan minoxidil untuk meningkatkan jumlah rambut yang ada di kepala Anda. Dalam sebuah penelitian, bila Anda yang memijat minyak rosemary atau minyak esensial lainnya (lavender, thyme, dan cedarwood), dapat menunjukkan peningkatan pada rambut setelah kurang lebih tujuh bulan.

  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Menurut penelitian dari Psychopharmacology, aroma dari rosemary dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, dan akurasi Anda serta, pada tingkat lebih rendah, dapat meningkatkan suasana hati Anda.

  • Perlindungan neurologis

Para ilmuwan telah menemukan bahwa rosemary juga baik untuk otak Anda. Rosemary mengandung bahan yang disebut asam carnosic, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas di otak.

Beberapa penelitian pada tikus telah mengidentifikasi bahwa rosemary mungkin dapat bermanfaat bagi orang yang pernah mengalami stroke. Rosemary tampaknya dapat melindungi Anda terhadap kerusakan otak dan juga dapat meningkatkan pemulihan.

  • Mencegah penuaan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rosemary memiliki manfaat secara signifikan dalam membantu Anda mencegah penuaan otak.

  • Kanker

Penelitian yang dipublikasikan dalam Oncology Reports, menemukan bahwa “ekstrak rosemary etanol kasar (RO)” dapat memperlambat penyebaran leukemia manusia dan sel-sel karsinoma payudara. “

Penelitian lain, yang diterbitkan dalam Bioscience, Biotechnology and Biochemistry, menyimpulkan bahwa rosemary dapat berguna sebagai agen anti inflamasi dan juga anti tumor.

Selain itu, sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Food Science mengungkapkan bahwa menambahkan ekstrak rosemary ke daging sapi mengurangi pembentukan agen penyebab kanker yang dapat berkembang selama Anda memasak.

Rosemary biasanya aman bila dikonsumsi dalam dosis rendah. Meskipun jarang terjadi, dosis yang sangat besar pada rosemary dapat memicu Anda dengan efek samping yang serius.

Efek samping tersebut termasuk:

  • muntah
  • kejang
  • koma
  • edema paru (cairan di paru-paru)
  • Rosemary dengan dosis tinggi dapat menyebabkan keguguran; oleh karena itu, rosemary tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil untuk mengkonsumsi rosemary dengan dosis yang tinggi.

Namun, ketika digunakan dalam jumlah tertentu untuk membumbui makanan, rosemary kemungkinan sangat aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Selain itu, rosemary juga aman bila digunakan secara medis dalam dosis yang sesuai untuk periode waktu yang singkat. Menurut sumber medis, dosis yang dapat digunakan untuk mengkonsumsi daun rosemary adalah 4 hingga 6 gram setiap hari sehingga Anda mendapatkan cukup manfaat dari rosemary.

Hidup Sehat Read More