Hal-Hal yang Perlu Diketahui Pembesar Payudara Implan

Memiliki niat untuk menggunakan pembesar payudara adalah sebuah keputusan krusial. Hal itu disebabkan lantaran akan ada sebuah operasi besar dengan hasil yang belum bisa dipastikan. Belum lagi terdapat beberapa risiko kesehatan yang tampaknya dapat membuat Anda untuk berpikir ulang.

Prosedur memperbesar payudara termasuk golongan operasi kecantikan. Seseorang harus memiliki perencanaan yang cukup matang untuk memutuskan hal ini. Mengapa begitu? Karena prosedur bedah ini pun memerlukan perencanaan matang, termasuk dalam hal finansial. Biaya oprasi pembesaran payudara tahun ini belum tentu sama dengan biaya oprasi pembesaran payudara pada tahun-tahun berikutnya.

Jika keputusan Anda sudah bulat untuk melakukan pembesaran payudara, ini dia beberpa tips yang harus dilakukan:

Memilih Dokter yang Tepat

Jangan memilih sembarang dokter atau tergiur dengan paket yang lebih ekonomis. Dokter bedah juga harus memiliki standar akreditasi tepercaya. Saat memilih dokter bedah, cari dokter yang memiliki banyak pengalaman. Anda harus memilih seorang ahli bedah yang telah memiliki setidaknya lima tahun pelatihan bedah dan setidaknya dua tahun pengalaman dalam operasi plastik.

Perbanyak komunikasi dengan dokter tentang keinginan dan serap pendapat dokter tentang hasil akhir yang akan Anda peroleh agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Terdapat beberpa tips saat anda memilih dokter bedah:

Memilih Implan

Saat ini sudah terdapat 2 jenis implan pembesar payudara, kedua implan itu masing-masing terbuat dari bahan silikon atau saline. Implan silikon adalah jenis yang paling umum digunakan di Inggris. Mereka cenderung berkerut dan merasa lebih alami. Namun, mereka dapat menyebar ke payudara Anda dan menyebabkan benjolan.

Sedangkan implan saline lebih cenderung melipat, pecah, atau turun seiring waktu. Jika mereka turun atau pecah, saline akan dengan aman diserap ke dalam tubuh Anda. Anda harus mendiskusikan pro dan kontra dari setiap jenis implan payudara dengan dokter bedah Anda, bersama dengan ukuran dan bentuk implan Anda dan di mana mereka akan ditempatkan (di belakang payudara atau di belakang otot payudara).

Kemungkinan Masalah Pembesar Payudara Implan

Pembesar payudara implan terkadang dapat menyebabkan masalah-masalah seperti di bawah ini:

  • Terdapat bekas luka yang jelas;
  • Jaringan payudara terasa keras karena jaringan parut menyusut di sekitar implan (capsular contracture);
  • Implan yang pecah, ini dapat menyebabkan benjolan kecil yang lembut (siliconomas), yang hanya terlihat pada pemindaian payudara, implan harus dilepas;
  • Implan berputar di dalam payudara, menghasilkan bentuk yang tidak normal;
  • Riak implan, ini terjadi ketika implan hanya ditutupi oleh lapisan tipis jaringan, yang menempel pada permukaan implan dan sangat sulit diobati;
  • Masalah saraf pada puting susu, mereka mungkin menjadi lebih sensitif, kurang sensitif, atau benar-benar mati rasa. Kondisi ini bisa sementara atau permanen;
  • Tidak dapat menyusui atau menghasilkan ASI lebih sedikit daripada yang Anda lakukan tanpa implan, bayi Anda tidak akan dirugikan jika Anda menyusui dengan implan.

Risiko Pembesar Payudara Implan

Walaupun merupakan prosedur kosmetik, operasi implan payudara dapat memiliki risiko, seperti:

  • Nyeri payudara;
  • Perubahan sensasi pada puting dan payudara;
  • Pembentukan dan pengerasan jaringan parut di daerah sekitar implan;
  • Jaringan parut;
  • Berdarah;
  • Infeksi;
  • Masalah dengan ukuran atau bentuk implan (misalnya, payudara mungkin tidak simetris);
  • Limfoma Sel Besar Anaplastik Terkait atau AALCL (jarang, tetapi dapat dikaitkan dengan implan bertekstur);

Implan juga bisa pecah dan bocor. Jika implan saline pecah, saline akan diserap dengan aman oleh tubuh. Kebocoran silikon dapat tetap berada di dalam cangkang implan atau kebocoran di luar cangkang. Ketika implan saline pecah, ia akan mengempis. Tetapi implan payudara silikon mungkin tidak menyebabkan gejala yang jelas ketika pecah.

***

Operasi kosmetik pembesaran payudara terkadang bisa salah dan hasilnya mungkin tidak seperti yang Anda harapkan. Hubungi klinik tempat Anda menjalani operasi sesegera mungkin jika Anda mengalami sakit parah atau gejala yang tidak terduga, seperti kulit merah, terbakar, atau pembengkakan yang tidak biasa di area payudara Anda. Dengan melaporkan masalah apa pun, hal itu akan membantu memberikan lebih banyak informasi tentang keamanan implan.

Kesehatan Wanita

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*