Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Diketahui

Terdapat banyak jenis pilihan bagi para wanita ketika akan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, salah satu cara yang kerap kali digunakan adalah dengan minum pil KB. Namun sebelum menggunakan alat kontrasepsi yang ini, sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana cara kerja pil KB pada tubuh dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

minum pil kb

Pil KB merupakan obat untuk mencegah kehamilan dengan dikonsumsi setiap hari, alat kontrasepsi jenis ini mengandung beberapa jenis hormon yang bisa mengubah fungsi tubuh. Beberapa kandungan itulah yang mencegah terjadinya kehamilan. Pil KB terbilang sangat efektif untuk mengendalikan kerja ovarium dan rahim.

Efek Samping Minum Pil KB

Agar menjaga efektivitas yang diberikan, pil KB diharuskan dikonsumsi setiap hari pada waktu yang sama. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama jika seseorang lebih memilih menggunakan pil mini atau pil yang hanya mengandun progesteron saja. Apabila melewatkan jadwal minum pil jenis ini dalam kurung lebih dari 48 jam, segera minum sesuai dosis yang dilewatkan.

Melewatkan satu pil berarti meningkatkan risiko kehamilan, hal ini juga memaksa para perempuan untuk mengginakan kontrasepsi cadangan seperti kondom atau tidak melakukan hubungan seks terlebih dahulu. Cara ini bisa dilakukan setidaknya sampai tujuh hari konsumsi pil KB yang menagandung hormon.

Tidak perlu khawatir jika tang terlewat adalah pil plasebo, melewatkan pil ini tidak meningkatkan peluang seorang perempuan untuk hamil. Pil plasebo dipakai untuk menjaga kebiasaan minum obat sehari-hari, disamping itu meski sebagian besar perempuan mengaku aman dalam mengonsumsi pil KB, tetapi perlu juga mengetahui beberapa efek samping yang ditimbulkan.

Pil KB tetap memiliki beberapa efek samping dan juga risiko bagi para penggunanya, seperti penurunan gairah seks, mual, pendarahan vagina di luar waktu menstruasi dan nyeri pada payudara. Pil KB jenis kombinasi diketahui juga dapat menimbulkan risiko serius yakni pembekuan darah, gangguan kesehatan lain akan muncul jika kondisi ini terjadi.

Diantaranya seperti trombosis vena dalam, serangan jantung, stroke dan emboli paru. Meskipun risiko pembeukan darah akibat konsumsi pil KB tergolong rendah, namun risiko tersebut akan lebih rentan terhadap perempuan yang memiliki kondisi tubuh sangat gemuk, kemudian memiliki tekanan darah tinggi dan beristirahat di tempat tidur dalam waktu lama.

Jenis Pil KB

  • Pil Kombinasi

Pil jenis kombinasi mengandun dua hormon buatan, yaitu estrogen dan progesten di mana keduanya bertugas untuk menghambat kehamilan dengan beberapa cara. Seperti mencegah pelepasan sel telr agar tidak terjadi pembuahan, lalu membuat perubahan lendir para dinding rahim agar sulit ditembus sperma.

Hingga mengubah lapisan dinding rahim agar tidak ada sel telur terbuahi yang dapat berkembang di dalamnya. Pada umumnya, banyak pil kombinasi yang juga disertai pil plasebo atau pil kosong yang tidak berisi kandungan aktif.

  • Pil Mini

Merupakan jenis pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja, minum pil KB jenis ini biasanya dilakukan oleh para perempuan jika tidak cocok menggunakan pil yang mengandung estrogen. Fungsi pil ini adalah mencegah kehamilan dengan cara memperlambat perkembangan sel telur, mengentalkan lendir serviks dan membuat lapisan dinding rahim menjadi tipis. Beberapa fungsi di atas tentunya sangat berguna dalam mencegah sperma mencapai sel telur, dalam beberapa kasus pil mini bahkan mampu menekan ovlasi. Ketika memilih pil mini, tidak akan disertakan pil plasebo karena memang hanya ada pil aktif saja, hal inilah yang membuat

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*