Detoks Sehari Penuh? Tentu Bisa!

Setelah satu minggu penuh melakukan banyak aktivitas padat, Anda pasti kesulitan dalam menjaga tubuh dari paparan racun. Akibatnya, Anda perlu untuk meluangkan setidaknya satu hari detoks agar racun-racun dalam tubuh dapat keluar. Ini dia caranya:

Detoks Pagi

1. Saat bangun tidur, mulailah hari dengan mengisi kebutuhan cairan tubuh dari jus lemon. Minuman ini tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya. Campuran air panas dengan lemon juga dapat membantu merangsang saluran pencernaan. Pastikan untuk terus memantau asupan air sepanjang hari karena tubuh yang terhidrasi adalah kunci untuk detoksifikasi sehat.

2. Saat detoksifikasi, latihan fisik intensif tidak dianjurkan, tetapi melakukan gerakan-gerakan ringan tetap penting untuk menjaga tubuh tetap hangat dan memperlancar aliran darah. Jika Anda merasa tubuh lemah dan lamban, tidak ada cara yang lebih baik untuk menguatkan kembali tubuh dengan gerakan yoga yang ringan dan penuh energi.

3. Konsumsi asupan yang kaya vitamin, serat, dan antioksidan. Anda dianjurkan untuk mencoba beberapa resep smoothie buah dan sayur karena mengandung lebih dari satu hari serat. Asupan ini juga penting untuk menjaga perut rata dengan memperlancar pencernaan dan menghilangkan rasa kembung yang tidak nyaman.

4. Ganti asupan kopi saat detoks dengan teh hijau. Saat sedang melakukan detoks, ada baiknya Anda mengganti kopi dengan teh hijau yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam teh hijau telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme sehingga racun-racun dalam tubuh dapat terbuang dengan lebih optimal. Jika Anda merasa lapar dan membutuhkan camilan kecil sebelum makan siang, Anda dapat memakan apel kaya serat, disertai dengan blueberry dan yogurt yang mengandung probiotik. Asupan ini sangat baik untuk memperbaiki kerja pencernaan Anda.

Detoks Siang

5. Istirahatkan tubuh di siang hari. Setelah satu minggu penuh menghabiskan waktu di depan layar, ada baiknya untuk mengistirahatkan tubuh dari paparan layar laptop dan handphone selama beberapa saat. Cobalah untuk melakukan kegiatan lain yang berbeda dari rutinitas harian Anda. Dengan begitu, akan ada banyak otot yang lebih digunakan dan memberikan waktu pada mata dan otak untuk beristirahat. Gunakan waktu ini untuk benar-benar merawat kesehatan tubuh Anda.

6. Pilihlah makan siang yang ringan dengan kandungan bahan-bahan yang alami dan segar. Salah satu menu yang cukup direkomendasikan adalah salad kubis kaya serat ini yang dilengkapi dengan beberapa protein tanpa lemak. Selain itu, saat makan pastikan Anda meluangkan waktu benar-benar untuk makan tanpa terganggu oleh handphone. Setelah makan siang selesai, bersantailah sejenak sambil menggerakkan tubuh dengan aktivitas ringan seperti berjalan santai selama 20 atau 30 menit.

7. Apabila Anda merasa membutuhkan sesuatu untuk dimakan Anda sampai makan malam tiba, cobalah untuk membuat jus dari sayuran. Minuman padat nutrisi ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi secara instan dan membuat Anda merasa lebih segar.

Detoks Malam

8. Salah satu cara terbaik untuk melepas lelah setelah padat oleh beragam aktivitas fisik, Anda dapat melakukan detoks dengan memijat atau menghabiskan waktu di sauna. Keduanya akan membantu meredakan ketegangan di tubuh dan menghilangkan rasa sakit pada otot atau persendian.

9. Saat memasuki jam makan malam, pastikan untuk memberikan asupan tubuh sehat yang penuh dengan protein tanpa lemak dilengkapi dengan sayuran segar. Ikan dengan kale akan menjadi rekomendasi menu makan malam yang penuh dengan serat, protein, dan vitamin. Tidak hanya sehat, menu seperti ini juga cukup praktis untuk buat.

10. Tidur tepat waktu. Terahir, tahapan detoks yang perlu Anda lakukan untuk mengakhiri hari adalah dengan tidur di waktu yang tepat. Jangan biarkan diri Anda larut dalam tayangan televisi hingga larut karena akan mengganggu metabolisme tubuh Anda. Setelah makan malam, segera bersihkan diri Anda dan lakukan sedikit peregangan untuk membuat otot-otot tubuh rileks. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan efektif.

Itulah beberapa hal penting seputar detoks sehari penuh. Anda dapat melakukannya perlahan dan bertahap, dimulai dari satu minggu sekali, kemudian satu minggu dua kali, hingga tanpa Anda sadari Anda sudah mulai terbiasa dengan gaya hidup sehat.

Hidup Sehat
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*