Cara Mencegah Kehamilan Tanpa Kondom

Terdapat banyak cara untuk mencegah kehamilan. Salah satunya dengan kondom dan masih banyak lagi, tetapi bagaimana jika Anda tidak menggunakannya?

Jika Anda aktif secara seksual dan ingin mencegah kehamilan, Anda harus mengetahui pilihan yang Anda miliki. Terdapat banyak jenis kontrasepsi yang tersedia untuk membantu mencegah kehamilan. Namun, satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk menghindari kehamilan adalah menjauhi diri dari seks.

Sebenarnya, Anda tetap akan berisiko hamil setiap kali berhubungan seks tanpa kontrasepsi, termasuk pertama kali berhubungan seks. Namun berikut hal yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mencegah kehamilan ketika tidak menggunakan kondom:

Bentuk hormonal kontrasepsi mencegah pembuahan dengan menghentikan ovulasi, yaitu pelepasan sel telur dari ovarium. Jenis kontrasepsi ini tidak melindungi dari PMS. Kebanyakan kontrasepsi hormonal hanya tersedia dengan resep dari dokter dan, kecuali untuk kontrasepsi darurat, biasanya tidak tersedia secara online

Pil kontrasepsi

Terdapat dua jenis pil KB, yaitu yang dapat menghentikan menstruasi, dan yang tidak.

Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang paling umum digunakan di Amerika. Terdapat berbagai merek pil yang tersedia, dan menurut National Health Service (NHS) di Inggris, lebih dari 99 persen efektif jika dikonsumsi sesuai resep. Namun, dengan penggunaan biasa, pil KB memiliki keefektifan sekitar 95 persen. Terdapat dua bentuk pil:

  1. Pil gabungan, yang mengandung estrogen dan progestin

Jenis pil ini harus diminum setiap hari, sesuai petunjuk. Paket pil seringkali berisi beberapa pil yang bebas hormon. Saat meminum pil ini, Anda tetap akan mengalami menstruasi bulanan.

  1. Pil mini, yang hanya mengandung progestin

Anda harus minum pil ini pada waktu yang sama setiap hari tanpa terlewat. Namun jika Anda meminum pil mini, belum tentu Anda memiliki periode yang terjadwal.

Terdapat banyak pilihan kontrasepsi dan cara untuk membantu mencegah kehamilan, mulai dari metode penghalang hingga pil hormonal, dan IUD.

Metode yang berbeda dapat bekerja lebih baik untuk orang yang berbeda, dan Anda dapat mencoba beberapa pilihan sebelum menyusun strategi kontrasepsi yang berhasil untuk Anda.

Metode kontrasepsi bervariasi dalam hal efektivitasnya. Jika Anda aktif secara seksual, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan dan cara yang tersedia, untuk memilih metode yang terbaik mencegah kehamilan.

Kesehatan Wanita

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*