Cara Membuat Susu Almond Sesuai Selera

Susu almond terbuat dari kacang almond bubuk dan air tetapi dapat mengandung bahan lain tergantung pada jenisnya. Kebanyakan orang membeli susu almond, tetapi ternyata cara membuat susu almond termasuk mudah.

Susu almond adalah minuman nabati yang terbuat dari almond yang disaring dan air. Produk ini secara alami bebas susu dan laktosa, menjadikannya pilihan yang baik bagi Anda yang menghindari produk susu.

Selain cara membuatnya mudah, susu almond yang Anda buat sendiri memiliki kelebihan lainnya. Karena memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah rasa manis dan memiliki rasa serta mengeksplorasi teksturnya. Selain itu, cara membuatnya sangat mudah, hanya membutuhkan 2 bahan, sedikit waktu dan blender.

Berikut cara membuat susu almond buatan sendiri:

  1. Sebelum dimulai, Anda perlu merendam almond semalaman dalam air dingin.
  2. Air kemudian dikeringkan dan almond ditambahkan ke blender bersama dengan air tawar, garam, dan tambahan lainnya (seperti kurma untuk rasa manis atau vanila, bubuk kakao, atau beri untuk variasi rasa).
  3. Setelah diblender selama 1-2 menit, susu dituangkan ke kantong susu atau kain lalu diperas untuk mengekstrak semua cairan.

Berapa lama susu almond dapat bertahan tergantung pada berbagai faktor seperti seberapa baik Anda mensterilkan peralatan, kesegaran bahan, dan suhu lemari es Anda.

Rata-rata, susu almond buatan sendiri bertahan 4 sampai 5 hari. Jika susu almond menjadi asam sebelum itu, pastikan untuk mensterilkan peralatan Anda sepenuhnya sebelum digunakan dengan mengalirkannya melalui mesin pencuci piring atau menuangkan air mendidih ke dalam toples Anda (pastikan toples tidak terlalu dingin saat Anda melakukan ini atau bisa pecah). Selain itu, pastikan untuk merendam almond Anda semalaman di lemari es, bukan pada suhu ruang.

Sebagian besar supermarket menawarkan berbagai susu almond. Namun, beberapa produk menggunakan pemanis tambahan atau buatan untuk produk mereka.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu almond, pilih susu almond yang tanpa pemanis, tanpa rasa, dan diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Selain lebih sehat, cara membuat susu almond sendiri pun mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai bahan-bahan pengawet lainnya.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*