Benarkah Suplemen Kreatin Efektif Meningkatkan Massa Otot? SImak Faktanya Berikut

Sudah pernah mendengar tentang kreatin? Senyawa alami yang terdapat dalam otot ini biasanya dibuat dalam bentuk suplemen dan seringkali dikonsumsi untuk membantu menambah energi otot bagi para bodybuilder. Sebanyak 95% kreatin tubuh tersimpan di dalam otot dalam bentuk fosfokreatin. Sisa 5% dari kreatin tersebut disimpan pada otak, hati, dan ginjal.

suplemen kreatin

Ketika seorang bodybuilder melakukan latihan fisik secara intens, ia juga mengonsumsi suplemen sebagai penunjang aktivitas latihannya. Suplemen yang umumnya dikonsumsi, yaitu kreatin atau creatine yang dipercaya dapat membantu memberikan energi lebih bagi tubuh.

Suplemen kreatin umumnya dibuat dari asam amino glisin dan arginin. Pada dasarnya, memang struktur kimia kreatin ini serupa dengan asam amino.

Cek manfaat suplemen kreatin

Dikarenakan banyak orang mengonsumsi suplemen kreatin, para peneliti pun banyak melakukan penelitian seputar manfaat kreatin bagi tubuh. Di bawah ini, terdapat beberapa hasil penelitian yang mendukung fakta bahwa suplemen kreatin dapat bermanfaat bagi proses latihan fisik.

  • Menunjang performa latihan fisik dengan intensitas tinggi

ATP (adenosine triphosphate)atau yang juga dikenal sebagai satuan pertukaran energi, dapat diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak jika didukung oleh konsumsi suplemen kreatin. Dengan begitu, performa seseorang ketika melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi, juga dapat ditunjang dengan baik.

Di samping itu, kreatin juga dapat berpengaruh terhadap faktor latihan lainnya, seperti kekuatan fisik, kekuatan balistik, massa dan kinerja otak, daya tahan otak, resistensi terhadap kelelahan, hingga kemampuan berlari dan pemulihan.

  • Memproduksi lebih banyak energi pada sel otot

Berdasarkan sebuah penelitian, diungkapkan bahwa suplemen kreatin dapat membantu peningkatan proses penyimpanan fosfokreatin pada otot. Dengan begitu, fosfokreatin dapat meningkatkan produksi molekul tinggi energi atau yang disebut dengan ATP tadi. Kadar ATP yang tinggi dapat menunjang performa latihan secara lebih baik.

  • Memperlancar pertumbuhan otot

Tidak hanya bermanfaat untuk produksi energi lebih banyak, suplemen kreatin juga dipercaya dapat secara efektif mendukung pertumbuhan otot jangka pendek dan panjang.

Manfaat ini tidak hanya didapatkan oleh bodybuilder, namun juga berbagai kelompok, termasuk kelompok lansia, kelompok gaya hidup sedentary, dan atlet.

Di saat yang bersamaan, suplemen kreatin juga dapat memproduksi kadar air dalam otot lebih banyak. Proses ini dikenal dengan volumisasi sel yang dapat memperbesar ukuran otot. Hal ini menegaskan fakta bahwa suplemen kreatin secara efektif dapat meningkatkan massa otot manusia.

  • Mencegah rasa lelah berlebih

Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of International Society of Sports Nutrition, disebutkan bahwa kreatin dapat secara efektif mengurangi rasa lelah berlebih pada atlet yang melakukan tes sepeda.

Hal ini berarti, suplemen kreatin dapat mencegah seseorang dari kondisi kelelahan drastis setelah secara intens melakukan latihan fisik.

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi kreatin sebagai penunjang performa Anda, maka usahakan untuk melakukan konsultasi dengan ahli gizi maupun dokter pribadi Anda. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kemungkinan efek samping tertentu yang dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda.

Hidup Sehat
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*