Beli Obat di Apotek BPJS, Apa Saja Keuntungannya?

Semakin berkembangnya dunai digital tentu sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses apapun yang kita butuhkan, salah satunya saat ingin berbelanja obat secara online. Di era serba digital ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS pun ikut berkembang dengan memberikan layanan beli obat di apotek BPJS bagi pesertanya.

Selain karena perkembangan teknologi, hal ini pun dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat ataupun peserta BPJS yang ingin menggunakan BPJS kesehatan untuk berobat. Namun, karena minimnya ketersedian obat di apotek-apotek yang telah bekerjasama dengan BPJS membuat mereka mengurungkan niatnya untuk menggunakan BPJS.

Atas dasar tersebutlah akhirnya BPJS meluncurkan Apotel Online BPJS. Selain tentunya memudahkan, apa saja keuntungan yang bisa didapat ddengan menggunakan layanan apotek online tersebut? Berikut beberapa hal yang lebih menguntungkan peserta BPJS dalam berobat dengan adanya layanan terbaru ini.

Keunggulan  beli obat di apotek BPJS

Banyak sekali keunggulan dan keuntungan yang bisa didapat masyarakat/peserta BPJS maupun tenaga kesehatan yang melayaninya.

  • Mempercepat proses penagihan klaim. Ketika kita melakukan pembelian obat secara online, tentu saja jaminannya adalah kecepatan. Bagaimana tidak, kita tidak perlu lagi datang ke apotek rujukan ataupun rekanan dari BPJS kesehatan untuk mengklaim obat milik Anda. hanya dengan menggunakan gawai milik Anda, obat pun sampai di tangan Anda.
  • Mudah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemebelian atau klaim obat secara online di apotek yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan akan mempermudah Anda dalam bertransaksi.
  • Dapat mencegah potensi fraud pasien selama berbelanja obat
  • Mempercepat pembaharuan harga obat. Nah, hal ini sangat penting sekali. Pembaharuan harga obat adalah hal terpenting dalam melakukan transaksi, meskipun telah diklaim oleh BPJS Kesehatan, namun harga tetaplah penting pada sebuah barang. Dengan apotek online BPJS Kesehatan ini dengan otomatis akan ada pembaharuan harga obat.
  • Mendukung proses verifikasi digital klaim atau Vedika
  • Data utilisasi obat luar paket yang lebih akurat, hal ini tentu akan menghindari adanya kesalahpahaman dalam pembelian obat di luar paket
  • Pelaporan keluhan ketersediaan obat real time dan tidak manual. Hal terpenting lainnya yang menguntungkan Anda sebagai peserta dalah ada tidaknya (ketersediaan) obat yang Anda butuhkan. Dengan adanya apotek online BPJS Kesehatan ini tentu akan sangat membantu sekali.

Diterbitkannya apotek online BPJS ini tentu saja untuk membuat peserta JKN-KIS semakin puas dengan pelayanan yang diberikan oleh BPJS. Dan BPJS pun akan terus mengembangkan dan memperbaiki pelayanannya untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga konsumen pun dapat terlayani dengan baik.

Setelah melakukan pembelian pada apotek online BPJS, maka peserta dapat mengambil obat di apotek mana saja yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jadi, Anda dapat mencari apotek yang paling dekat dengan rumah Anda, dengan catatan apotek tersebut sudah bekerjasama dengan BPJS. Mudah bukan?

Dengan segala kemudahan tersebut, BPJS Kesehatan berharap akan lebih memberikan layanan yang terbaik untuk para peserta. Dan, beli obat di apotek BPJS adalah salah satu fitur terbaru dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan peseta maupun tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan tentunya selalu up date.

Bagaimana menarik bukan untuk menggunakan fitur terbaru yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam mempermudah peserta yang ingin berobat tanpa datang langsung, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini. Selamat mencoba!

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*