Bagaimana Sebenarnya Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan? Simak Faktanya Berikut

Banyak mitos yang seringkali beredar mengenai tanda atau ciri-ciri hamil anak dengan jenis kelamin tertentu. Sebagai contoh, beberapa orang kerap kali menghubung-hubungkan kondisi kesehatan ibu dengan ciri-ciri hamil anak perempuan ketika trimester pertama, seperti adanya jerawat yang tumbuh dan mengidap rasa mual. Bagaimana sebenarnya fakta dari mitos tersebut?

Dunia medis berpandangan bahwa jenis kelamin janin baru dapat diketahui paling cepat ketika usia kehamilan mencapai 11 minggu. Caranya, dengan ibu hamil melakukan tes darah noninvansif (NIPT) ketika kandungan mencapai usia minggu. Pada dasarnya, tes NIPT ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan kelainan pada kromosom janin, seperti risiko mengalami Down Syndrome. Walaupun begitu, tes ini juga dapat memberikan hasil ada atau tidak kromosom Y yang merupakan kromosom laki-laki pada janin.

Selain tes NIPT, ibu hamil juga dapat melakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG) ketika usia kehamilan sudah memasuki 14 minggu. Namun, hasil USG dikatakan akurat ketika pemeriksaan dilakukan ketika janin telah berusia 18 minggu.

Mitos ciri-ciri hamil anak perempuan yang perlu diluruskan

Salah satu mitos yang umum didengar mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan, yaitu perubahan wajah menjadi lebih kusam ketika hamil muda. Selain itu, ibu hamil anak perempuan juga cenderung ngidam makanan tertentu dan bahkan mengalami mood swing.

Seperti apa fakta sebenarnya? Mari simak penjelasannya berikut!

  • Kulit kusam disertai jerawat

Jerawat yang muncul pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak dan terlihat kusam. Banyak orang yang mengaitkan mitos ini dengan ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Namun, pada kenyataannya, jerawat dan perubahan kondisi kulit pada ibu hamil normal terjadi kok. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon dan tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin janin.

  • Bentuk perut yang terlihat bulat

Ketika ibu hamil memasuki usia kandungan di akhir trimester pertama, perut buncit ibu hamil akan mulai terlihat. Kondisi inilah yang dipercayai beberapa orang sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Berbeda dengan ciri-ciri hamil anak laki-laki yang cenderung dikaitkan dengan perut yang lebih lonjong.

Kenyataannya, bentuk perut ibu hamil tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin janin. Faktor penyebab perbedaan bentuk perut ibu hamil tidak lain adalah tipe tubuh, level kebugaran, kekuatan otot, hingga kenaikan berat badan ibu hamil itu sendiri.

  • Mengalami perubahan suasana hati secara drastic

Perubahan suasana hati secara drastis atau yang lebih dikenal dengan mood swing, juga seringkali dikaitkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama. Namun, pada kenyataannya, perubahan mood yang terjadi pada ibu hamil murni dipengaruhi oleh hormon yang naik secara drastis di periode awal kehamilan.

  • Ngidam makanan tertentu

Ibu hamil anak perempuan kerap kali dikelilingi mitos bahwa mereka cenderung ngidam makanan manis. Sementara itu, jika ibu hamil ngidam makanan asin atau asam, hal tersebut menandakan bahwa janin yang dikandung berjenis kelamin laki-laki.

Kenyataannya, fenomena ngidam pada ibu hamil justru adalah tanda bahwa ibu hamil kekurangan kandungan mineral tertentu dan tidak berhubungan dengan jenis kelamin janin.

  • Mengalami mual secara berlebihan

Rasa mual atau morning sickness adalah kondisi yang paling umum dialami ibu hamil di awal masa kehamilan. Namun, beberapa orang mengaitkan kondisi ini dengan ciri-ciri ibu hamil anak perempuan di trimester pertama.

Sebenarnya, rasa mual yang dialami tersebut diakibatkan karena peningkatan kadar hormone kehamilan (hCG). Mual juga dapat menjadi tanda bahwa janin yang Anda kandung dalam kondisi sehat. Namun, memang Anda perlu mewaspadai kondisi mual yang berlebihan, karena dapat mengakibatkan kekurangan cairan.

Kesehatan Wanita

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*