Antibody Serology Test, Pendeteksi Terbaru Virus Corona

Sejak kasus virus corona mulai tersebar ke seluruh dunia, penyedia layanan kesehatan menyediakan layanan pemeriksaan virus dengan rapid test dan swab test. Belum lama ini, telah beredar metode pemeriksaan terbaru yang dinamakan tes serologi antibodi atau antibody serology test.

Sama seperti rapid test dan swab test, tes ini juga bekerja untuk mendeteksi imunoglobulin, yaitu antibodi yang terbentuk sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap virus corona.

Pelaksanaan antibody serology test

Dalam pelaksanaannya, antibody serology test dilakukan dengan melakukan pemeriksaan darah dengan menguji protein spesifik di dalam darah. Saat tubuh sedang mencoba untuk melawan infeksi virus, tubuh akan memproduksi protein tertentu yang bisa terdeteksi dalam darah.

Dibandingkan dengan metode pemeriksaan sebelumnya, tes ini memiliki tingkat keunikan yang lebih tinggi. Biasanya, tes diagnostik hanya akan mendeteksi tanda virus yang sedang aktif saat ini. Sementara, tes antibodi misa mendeteksi keberadaan infeksi virus yang telah ada sejak sebelumnya.

Hasil dari tes mampu mendeteksi infeksi virus yang sudah terjadi pada beberapa waktu sebelumnya, seperti sekitar satu sampai tiga minggu sebelum waktu pemeriksaan berlangsung.

Meski antibody serology test mampu mendeteksi keberadaan virus corona dalam tubuh, tes ini tidak bisa membuktikan kekebalan imunitas seseorang sepenuhnya secara akurat. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah sistem kekebalan tubuh akan semakin menguat setelah sembuh dari paparan virus corona, atau masih memiliki kemungkinan untuk terkena infeksi serupa.

Pelaksanaan antibody serology test dilakukan dengan pengambilan sampel darah yang dikumpulkan ke dalam botol untuk diuji di laboratorium. Hasil tes mendalam umumnya sudah bisa diambil dalam waktu maksimal 24 jam.

Mengapa perlu menjalani antibody serology test?

Secara garis besar, antibody serology test akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi antibodi di dalam tubuh. Dengan mengetahui keadaan antibodi tubuh, Anda bisa lebih mudah memahami kondisi tubuh ketika mengalami penyakit dan mengonsumsi obat-obatan.

Sistem kekebalan tubuh akan memproduksi antibodi ketika terjadi paparan terhadap antigen berupa virus, bakteri, dan parasit. Antibodi ini akan menyerang antigen dan mematikan antigen tersebut. Dalam hal ini, antigen yang mungkin terdeteksi adalah virus corona.

Terkadang, antibodi bisa melakukan kekeliruan dengan menyerang sel-sel yang sehat. Melalui tes ini, kondisi tersebut juga bisa dideteksi dan diatasi melalui pengobatan dengan dokter.

Secara umum, antibody serology test dianjurkan untuk dilakukan dengan:

  • Kombinasi dengan tes diagnostik untuk pasien yang akan melakukan pengobatan virus corona
  • Dilakukan pada pasien yang diduga memiliki gejala virus corona serta pernah berinterkasi dengan orang yang terinfeksi
  • Dilakukan dengan konsultasi dan persetujuan dari dokter terlebih dahulu
  • Sebelum melakukan transfusi darah untuk mendeteksi apabila darah telah terinfeksi oleh virus

Hasil pemeriksaan antibody serology test

Hasil dari antibody serology test memiliki dua kemungkinan, antara positif ataupun negatif.

Hasil tes positif menandakan bahwa telah ditemukan adanya antibodi khusus di dalam darah Anda. Hal itu menandakan bahwa tubuh Anda telah terinfeksi dan antibodi sedang menyerang virus yang ada.

Akan tetapi, hasil positif dari tes initidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya acuan diagnosa. Terkadang, tes ini juga bisa memunculkan hasil positif yang salah apabila antibodi ternyatat terbentuk bukan karena virus corona, melainkan virus jenis lain.

Sementara, hasil antibody serology test negatif menandakan bahwa Anda tidak terinfeksi oleh virus. Namun, hasil ini juga bisa saja mengalami kekeliruan apabila antibodi belum berkembang untuk menanggapi virus yang sebenarnya ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, hasil tes yang positif ataupun negatif perlu dibarengi dengan tes lainnya berupa tes diagnostik untuk memperkuat hasil diagnosa.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*