5 Manfaat Lidah Buaya yang Luar Biasa

Lidah buaya memiliki manfaat yang sangat banyak sekali dan luar biasa. Salah satu manfaat lidah buaya yang sangat populer adalah melembabkan. Banyak orang yang telah menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan dan melembutkan kulit atau bagian tubuh lainnya.

manfaat lidah buaya

Lidah buaya pun telah lama menjadi pengobatan tradisional untuk banyak penyakit, termasuk sembelit dan penyakit kulit. Banyak sekali penelitian tentang manfaat dari liah buaya. Oleh karena itu, kini banyak sekali suplemen atau gel yang mengandung lidah buaya. Nah, berikut beberapa manfaat dari lidah buaya yang sangat luar biasa.

  1. Pencahar alami

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai obat pencahar yang alami. Sejumlah penelitian telah melihat bahwa lidah buaya dapat meredakan sembelit. The Mayo Clinic merekomendasikan lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan sembelit dengan dosis 0,04 hingga 0.17 gram lidah buaya yang dibuat jus.

Namun, jika Anda menderita penyakit kolitis atau wasir tidak disarankan untuk mengonsumsi lidah buaya. Karena bisa menyebabkan kram perut yang parah serta diare. Selain itu, Anda pun harus berhenti mengonsumsi lidah buaya jika Anda sedang mengonsumsi obat lain. Pasalnya, lidah buaya dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap obat.

  • Perawatan kulit

Umumnya banyak yang menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit. Hal ini memang memang menjadi manfaat utama dari lidah buaya yang menjaga kulit tetap bersih, lembab dan terhidrasi. Selain itu, manfaat lidah buaya lainnya untuk kulit dapat merawat, melakukan pengelupasan, memulihkan, hingga memberikan nutrisi yang baik bagi kulit manusia.

Pun lidah buaya dapat menjadi ramuan ajaib yang dapat mengobati luka kecil, kulit kering hingga luka bakar yang parah. Lidah buaya juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah tubuh. Karena sifatnya yang menghidrasi, lidah buaya dapat bekerja sebagai pendingin yang baik dan menenangkan kulit. Lidah buaya sendiri kayak akan vitamin C, E dan beta karoten yang memberikan kualitas gizi yang baik serta anti penuaan.

  • Sebagai obat kumur

Manfaat lidah buaya lainnya adalah sebagai obat kumur. Di mana lidah buaya dapat membunuh bakteri dalam mulut, sehingga memberikan napas yang lebih segar. Tidak hanya itu, tamanan ini pun terbukti dapat melawan sariawan, maag, infeksi gusi serta iritasi pada mulut.

Selain itu, antioksidan yang kuat dalam lidah buaya dapat membantu mencegah kerusakan sel. Pada sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan oleh Journal of Health Sciences, para peneliti menemukan ekstrak lidah buaya yang dapat menjadi alternatif yang aman dan efektif sebagai obat kumur. Bahan alami tanaman ini dapat memblokir plak dalam mulut dan bisa meredakan jika Anda mengalami perdarahan atau gusi bengkak.

  • Menurunkan gula darah

Menurut sebuah penelitian di Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus liah buaya per harinya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini bisa berarti bahwa lidah buaya mungkin di masa depan bisa menjadi obat dalam pengobatan diabetes.

Namun, jika penderita diabetes mengonsumsi jus lidah buaya yang dijual di pasaran perlu memperhatikan kandungan gula yang terdapat pada jus tersebut. Terlebih lagi bagi Anda yang mengonsumsi obat penurun glukosa. Pasalnya, mengonsumsi jus bersama dengan obat diabetes mungkin bisa menurunkan jumlah glukosa ke tingkat yang berbahaya. Jadi, tetap berhati-hati, ya.

  • Perawatan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut pun tidak kalah luar biasa. Lidah buaya yang kaya akan mineral, vitamin dan asam amino esensial dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda, menghidrasi kulit kepala, serta megnhilangkan ketombe. Anda cukup mengoleskan tanaman lidah buaya yang telah dikupas langsung ke kulit kepala. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan sampo dan air mengalir. Lakukan secara rutin untuk membuat rambut lebih cantik dan segar. Meskipun banyak sekali manfaat lidah buaya yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi, Anda harus tetap mengonsultasikan dengan dokter jika Anda berencana untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat, terutama obat minum.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*