10 Gejala Tak Biasa pada Kehamilan

Mual di pagi hari atau ngidam pasti sering dialami ibu hamil. Tetapi, ternyata bukan itu saja tanda-tanda kehamilan yang terjadi. Ada sejumlah gejala kehamilan yang tampak tak biasa atau aneh. Apa saja gejala-gejala yang dimaksud?

Gusi Bengkak

Gejala kehamilan aneh pertama adalah gusi bengkak dan mudah berdarah saat gosok gigi. Ini merupakan efek hormon progesteron dan estrogen yang meningkatkan tekanan darah.

Bagaimana jika berdarah sekalipun tak sedang gosok gigi? Segera temui dokter gigi untuk memeriksa kemungkinan gingivitis (peradangan gusi) dan periodontitis. Gangguan ini ada hubungannya dengan risiko tinggi terhadap kelahiran bayi prematur serta bayi dengan badan rendah saat lahir. 

Mendengkur

Peningkatan hormon juga bisa menyebabkan hidung tersumbat, mimisan dan mendengkur. Saat bagian dalam hidung membengkak, sirkulasi udara menjadi berkurang, hidung menjadi kering, dan mimisan bisa terjadi.

Anda bisa menggunakan obat tetes hidung, humidifier (alat penjaga kelembaban ruangan) ataumenghirup uap air hangat. 

Masalah Pencernaan

Meningkatnya progesteron bisa memperlambat proses pencernaan. Apalagi jika Anda mengonsumsi vitamin kehamilan yang menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air. 

Jika sulit BAB, untuk sementara pilihlah vitamin kehamilan tanpa zat besi. Minum banyak air, makan buah, sayuran atau mengonsumsi suplemen serat. Hindari obat pencahar.

Varises dan Wasir

Gejala kehamilan aneh lainnya adalah varises dan wasir. Saat kehamilan berusia 20 minggu, volume peredaran darah umumnya meningkat 50 persen. Dengan peningkatan itu, wajar saja jika muncul varises di paha dan kaki ataupun wasir.

Setelah bayi lahir, biasanya masalah-masalah seperti ini akan reda. Walau mungkin saja, masalah ini tidak benar-benar hilang seketika.

Masalah Kulit

Hormon-hormon kehamilan bisa memicu jerawat dan kulit yang menggelap (biasanya pada puting, wajah, dan bagian bawah perut). Selain itu, muncul bintik-bintik kecil pada area yang sering bergesekan. Misalnya di bawah ketiak, payudara dan leher.

Gejala kehamilan aneh ini biasanya hilang setelah melahirkan. Untuk meminimalisirnya, rawatlah kulit dan gunakan sunscreen jika perlu.

Kaki Bertambah Besar

Kaki bengkak itu sudah biasa. Yang mengherankan adalah jika ukuran kaki bertambah besar dan tidak kembali ke ukuran semula. Penyebab kondisi tersebut adalah hormon relaksin.

Hormon itu meregangkan ligamen pada panggul agar bayi bisa keluar. Namun, hormon ini ternyata juga bisa menyebabkan kaki lebih datar, lebar dan panjang untuk sementara waktu.

Pandangan Kabur

Kaburnya penglihatan merupakan efek penumpukan cairan dalam tubuh. Lensa dan kornea menebal. Tekanan pada bola mata pun berubah. Ini adalah gejala kehamilan yang normal. Namun, kondisi ini bisa juga merupakan gejala preeklampsia. Masalah pandangan ini biasanya akan kembali normal setelah melahirkan.

Sakit Pergelangan Tangan

Pembengkakan tubuh juga bisa menyebabkan sakitnya pergelangan tangan yang mengarah ke carpal tunnel syndrome (CTS). Pembalut pergelangan tangan bisa mengurangi rasa sakitnya, karena mengurangi gerakan pada area tersebut. Seharusnya gejala ini hilang setelah melahirkan. Namun jika  berlanjut, hubungi dokter.

Kesemutan atau Mati Rasa

Ibu hamil kadang merasa kesemutan atau mati rasa pada paha maupun sekujur tubuh. Itu disebabkan oleh tekanan pada saraf-saraf akibat kehamilan. Semua darah yang dipompa untuk bayi menyebabkan tekanan tambahan pada saraf, terutama di akhir masa kehamilan.

Payudara Gatal

Gatal pada payudara biasanya terjadi karena permukaan kulit meregang. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan losion atau pelembap pada permukaan kulit.

Parenting

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*